Narasi di awal cerita, kata-kata pembuka, pengantar, ataupun latar belakang cerita yang biasanya disampaikan oleh narator atau dalang disebut

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal narasi di awal cerita, kata-kata pembuka, pengantar, ataupun latar belakang cerita yang biasanya disampaikan oleh narator atau dalang disebut

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Narasi di awal cerita, kata-kata pembuka, pengantar, ataupun latar belakang cerita yang biasanya disampaikan oleh narator atau dalang disebut

a. Dialog

b. Epilog

c. Orientasi

d. Resolusi

e. Prolog

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Narasi di awal cerita, kata-kata pembuka, pengantar, ataupun latar belakang cerita yang biasanya disampaikan oleh narator atau dalang disebut prolog (jawaban E).

 

Pembahasan

Pengertian Prolog

Pengertian prolog secara etimologis berasal dari bahasa Yunani, prologos yang artinya pengantar atau mengenalkan isi suatu karya sastra. Kata pengantar biasanya digunakan dalam novel, drama, film, dan drama lainnya.

 

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan prolog adalah pembukaan (lakon, musik, pidato, dan lain-lain) atau (kata-kata) pengantar atau peristiwa pengantar.

 

Peran prolog yang paling penting adalah untuk memperkenalkan karakter, konflik, dan sinopsis dalam cerita. Selain sebagai pembuka sebuah cerita, pendahuluan merupakan bagian yang biasanya digunakan untuk menarik perhatian sebuah cerita.

 

Fungsi Prolog

Ada tiga fungsi pengantar seperti yang dijelaskan dalam buku berjudul Arguing Skilled oleh JS. Qamdhi. Berikut penjelasan fungsi prolog yang perlu anda ketahui :

  1. Prolog adalah untuk menarik perhatian pembaca atau penonton, agar rasa penasaran mereka terhadap isi cerita bertambah.
  2. Prolog adalah sebagai kata pembuka atau pengantar suatu karya sastra agar pembaca atau penikmat mengetahui garis besarnya dan tidak bingung.
  3. Prolog berfungsi untuk memperkenalkan tokoh, konflik, dan ringkasan cerita.

Check Also

Sebutkan unsur-unsur pendukung dalam membuat reklame

Sebutkan unsur-unsur pendukung dalam membuat reklame

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi sebutkan unsur-unsur pendukung …