Siklus air diawali dengan proses penguapan air yang terjadi karena proses penguapan air yang terjadi karena suhu tinggi di lingkungan

Siklus air diawali dengan proses penguapan air yang terjadi karena

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal siklus air diawali dengan proses penguapan air yang terjadi karena

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Siklus air diawali dengan proses penguapan air yang terjadi karena

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Siklus air diawali dengan proses penguapan air yang terjadi karena proses penguapan air yang terjadi karena suhu tinggi di lingkungan.

 

Pembahasan

Proses Siklus Air

Secara umum, proses siklus hidrologi yang pertama, semua air di belahan bumi mana pun akan menguap. Semua air akan menguap ke atmosfir atau lebih tepatnya ke angkasa dan kemudian air ini akan berubah menjadi awan di langit. Setelah itu air yang sudah berubah menjadi air akan berubah menjadi bercak air lagi.

 

Percikan air ini akan jatuh ke tanah dalam bentuk hujan, bisa juga berupa es atau salju. Setelah presipitasi, air memasuki retakan atau pori-pori tanah dengan arah vertikal atau horizontal. Air tersebut kemudian akan kembali ke aliran air permukaan yang akan terus mengalir hingga kembali ke danau atau sungai.

 

  1. Evaporasi

Tahap pertama dari siklus hidrologi adalah penguapan. Sungai, danau, laut dan tempat lain yang mengandung air menguap karena panasnya matahari. Tahap ini disebut penguapan.

 

  1. Transpirasi

Transpirasi juga merupakan proses penguapan, tetapi penguapan yang terjadi bukanlah air yang diserap oleh badan air. Transpirasi adalah penguapan yang terjadi pada bagian tubuh makhluk hidup terutama tumbuhan dan hewan dan prosesnya sama dengan fase penguapan. Molekul cair dalam tubuh tumbuhan dan hewan akan berubah menjadi molekul uap atau gas.

Baca Juga:  Endapan tumbuhan dan hewan yang mati selama jutaan tahun akan membentuk

 

  1. Evapotranspirasi

Evaporasi merupakan proses gabungan dari fase evaporasi dan fase transpirasi sehingga banyak air yang menguap pada fase ini. Penguapan adalah tahap penguapan dimana molekul cairan yang menguap adalah semua air dan jaringan organisme hidup. Tahapan ini merupakan tahapan yang paling mempengaruhi siklus hidrologi atau jumlah air yang terangkut.

 

  1. Sublimasi

Selain ketiga proses yang telah dijelaskan di atas, ada juga proses penguapan lainnya yaitu sublimasi. Sublimasi memiliki arti yang sama, yaitu perubahan molekul cair menjadi molekul gas dengan arah ke atas, yaitu menuju atmosfer. Namun, penguapan yang terjadi adalah perubahan es di kutub dan pegunungan yang tidak melalui proses cair.

 

  1. Kondensasi

Setelah melalui keempat tahap diatas, tahap selanjutnya adalah tahap kondensasi dimana air yang telah menguap berubah menjadi partikel es. Partikel es yang dihasilkan sangat kecil dan disebabkan oleh suhu dingin di ketinggian tinggi di bagian atas atmosfer. Kemudian partikel es akan berubah menjadi awan, dan semakin banyak partikel es, semakin gelap awannya.

 

  1. Presipitasi

Proses keenam adalah presipitasi, yaitu tahap di mana awan larut karena tidak tahan lagi dengan suhu yang semakin meningkat. Pada titik inilah salah satu fenomena alam yang disebut hujan akan terjadi, dan ditandai dengan jatuhnya titik-titik air di permukaan bumi. Jika suhu sekitar di bawah 0 derajat Celcius, kemungkinan akan ada salju atau bahkan es.

Check Also

Perayaan menyambut tahun baru masehi di sebagian besar belahan dunia merupakan contoh globalisasi dalam bidang budaya

Perayaan menyambut tahun baru masehi di sebagian besar belahan dunia merupakan contoh globalisasi dalam bidang

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu perayaan …