Bagaimana produksi bahan pangan yang menggunakan pupuk nitrogen dapat berdampak pada perubahan iklim

Bagaimana produksi bahan pangan yang menggunakan pupuk nitrogen dapat berdampak pada perubahan iklim

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal bagaimana produksi bahan pangan yang menggunakan pupuk nitrogen dapat berdampak pada perubahan iklim

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Daftar Isi

Soal

Bagaimana produksi bahan pangan yang menggunakan pupuk nitrogen dapat berdampak pada perubahan iklim

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Menggunakan pupuk nitrogen dapat berdampak pada perubahan iklim karena sebagian nitrogen dari pupuk dipecah oleh mikroorganisme ataupun mengalir bersama air. Nitrogen kemudian berikatan dengan oksigen dan membentuk gas dinitrogen oksida (N2O). Nitrogen dioksida adalah gas rumah kaca yang memicu terjadinya peningkatan suhu bumi.

 

Pembahasan

Penggunaan pupuk kimia dalam pertanian dapat menyebabkan pemanasan global karena pembuatannya mengeluarkan karbondioksida (CO2).

 

Selain menggunakan nitrogen, pupuk kimia juga menggunakan senyawa amoniak (NH3). Menurut laporan dari MIT Climate Portal, amonia disintesis di bawah tekanan tinggi di bawah suhu tinggi, sehingga membutuhkan banyak energi untuk membuatnya.

 

Energi ini diperoleh dari pembakaran bahan bakar fosil seperti batu bara dan gas. Pembakaran bahan bakar ini menghasilkan karbon dioksida (CO2). Artinya, semakin banyak pupuk kimia yang diproduksi, semakin banyak karbondioksida yang dilepaskan. Sedangkan karbondioksida merupakan gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global.

Baca Juga:  Teori heliosentris yang menyatakan bahwa bumi bulat dan matahari adalah pusat dari tata surya dikemukakan oleh

Check Also

Perayaan menyambut tahun baru masehi di sebagian besar belahan dunia merupakan contoh globalisasi dalam bidang budaya

Perayaan menyambut tahun baru masehi di sebagian besar belahan dunia merupakan contoh globalisasi dalam bidang

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu perayaan …