Jelaskan konsep dari komunitas berdasarkan minat?

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal jelaskan konsep dari komunitas berdasarkan minat

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Jelaskan konsep dari komunitas berdasarkan minat?

 

Jawaban

Komunitas berdasarkan minat adalah salah satu jenis komunitas yang terbentuk karena kesamaan minat di antara anggota atau individu tersebut. Jenis komunitas berbasis minat ini biasanya akan menjadi besar, karena di komunitas ini setiap orang dapat saling mendukung minat atau hobi masing-masing.

 

Pembahasan

Pengertian Komunitas

Secara umum komunitas adalah suatu kelompok sosial yang ada dalam suatu komunitas dan mereka saling berinteraksi dalam suatu rentang tertentu dan biasanya memiliki kepentingan dan lingkungan yang sama. Komunitas ini terbentuk karena adanya keinginan atau minat yang sama dengan terbentuknya suatu komunitas, dimana para anggota komunitas tersebut memiliki tujuan yang akan dilaksanakan secara bersama-sama.

 

Adapun pengertian komunitas menurut para ahli, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Christensson dan Robinson

Komunitas adalah suatu kelompok yang memiliki tujuan yang sama yakni kelompok masyarakat yang hidup atau tinggal di wilayah geografis sama untuk melakukan suatu kegiatan atau aktivitas sosial maupun tindakan lainnya sesuai dengan keinginan masyarakat tersebut.

 

  1. George Hillery Jr.

Komunitas adalah suatu kelompok masyarakat yang tinggal di daerah atau wilayah yang sama untuk melakukan hubungan sosial maupun kontak sosial secara ajeg.

Baca Juga:  Pernyataan yang benar mengenai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah

 

  1. Paul B. Horton dan Chaster L. Hunt

Komunitas adalah suatu kelompok sosial yang mempunyai kesadaran akan anggotanya dan mereka saling berinteraksi.

 

  1. Etienne Wenger

Komunitas adalah suatu kelompok sosial yang mempunyai lingkungan dan ketertarikan yang sama, baik itu dalam ruang lingkup kepercayaan maupun ruang lingkup lainnya.

 

  1. Kertajaya Hermawan

Komunitas merupakan sekumpulan orang yang saling mendukung dan peduli satu sama lain lebih dari yang dari biasanya, dimana dalam komunitas tersebut menjadi relasi pribadi yang sangat erat antar anggotanya, hal tersebut terjadi karena adanya kesamaan interest atau values.

 

  1. Hendro Puspito

Komunitas adalah suatu kelompok sosial yang nyata dan teratur serta tetap, dimana individu-individu tersebut melaksanakan peran-perannya secara berhubungan dengan tujuan yang sama.

 

Jenis – Jenis Komunitas

Dalam komunitas ini terdapat beberapa tipe, secara umum terdapat tiga tipe komunitas. Berikut penjelasannya:

 

  1. Komunitas Berdasarkan Kesukaan atau Minat

Komunitas Berdasarkan Kesukaan atau Minat adalah salah satu jenis komunitas yang terbentuk karena kesamaan kepentingan di antara anggota atau individu tersebut. Jenis komunitas berbasis minat ini biasanya bagus, karena di komunitas ini setiap orang dapat saling mendukung minat atau hobi masing-masing.

 

  1. Komunitas Berdasarkan Komuni

Komunitas Berdasarkan Komuni adalah jenis komunitas yang dibentuk oleh keinginan dan minat bersama. Intinya, masyarakat ini dibentuk atas dasar kepentingan dalam organisasi sosial masyarakat.

 

  1. Komunitas Berdasarkan Lokasi

Komunitas Berdasarkan Lokasi adalah jenis komunitas yang terbentuk karena kesamaan lokasi atau tempat geografis. Nah, biasanya dalam komunitas jenis ini terjadi karena anggotanya ingin saling mengenal dan berinteraksi untuk belajar dan membantu mengembangkan lingkungannya.

Check Also

Suku yang dapat dijumpai di daerah jawa barat yaitu Suku Sunda. Sekitar 75% penduduk Jawa Barat adalah Suku Sunda yang merupakan penduduk asli provinsi ini.

Suku yang dapat dijumpai di daerah jawa barat yaitu

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi suku yang dapat …