Bagaimana penelaahan suatu ruang dalam sejarah

Bagaimana penelaahan suatu ruang dalam sejarah

Bagaimana penelaahan suatu ruang dalam sejarah

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

 

Daftar Isi

Jawaban

Ruang adalah konsep yang paling melekat dengan waktu. Ruang merupakan tempat terjadinya berbagai macam peristiwa-peristiwa sejarah dalam perjalanan waktu. Penelaahan suatu peristiwa berdasarkan dimensi waktunya tidak dapat terlepaskan dari adanya ruang waktu terjadinya peristiwa tersebut. Jika waktu mentitik beratkan pada aspek kapan peristiwa itu terjadi, maka konsep ruang menitikberatkan pada aspek tempat dimana peristiwa itu terjadi.

 

Konsep ruang sejarah mengenal adanya dimensi spasial dan dimensi temporal. Spasial atau ruang merukan tempat terjadinya suatu peristiwa sejarah. Sedangkan temporal atau waktu ini berhubungan dengan kapan peristowa tersebut terjadi. Sedangakn manusia subjek dan objek sejarah. Manusia sebagai pelaku dan penulis sejarah itu sendiri.

 

Konsep ruang, sebagai tempat terjadinya peristiwa disini terkait dengan tentang peristiwa sejarah menjadi riil.

Baca Juga:  Diketahui suatu bakteri dapat membelah diri menjadi tiga setiap 13 menit. Jika banyak bakteri mula-mula berjumlah 20, diperlukan waktu t agar jumlah bakteri menjadi 14.580. Jika bakteri tersebut membelah diri menjadi tiga setiap 26 menit, banyak bakteri setelah waktu t adalah

Check Also

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah timur mengitari pantai barat Afrika.

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi penjelajahan samudera diawali …