Salah satu sebab pendekatan berbasis aset dipandang lebih baik dibandingkan pendekatan berbasis kekurangan adalah Bila sebuah organisasi lebih banyak membangun sisi positif yang dimilikinya, maka kekuatan sumber daya manusia dalam organisasi tersebut dipastikan akan berkembang secara berkelanjutan

Salah satu sebab pendekatan berbasis aset dipandang lebih baik dibandingkan pendekatan berbasis kekurangan adalah

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu salah satu sebab pendekatan berbasis aset dipandang lebih baik dibandingkan pendekatan berbasis kekurangan adalah

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Daftar Isi

Soal

Salah satu sebab pendekatan berbasis aset dipandang lebih baik dibandingkan pendekatan berbasis kekurangan adalah

a. Bila sebuah organisasi lebih banyak membangun sisi positif yang dimilikinya, maka kekuatan sumber daya manusia dalam organisasi tersebut dipastikan akan berkembang secara berkelanjutan

b. Pendekatan berbasis Kekurangan akan mendorong kita menjadi individu yang mudah curiga.

c. Pendekatan berbasis kekurangan tidak sejalan dengan Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

d. Bila sebuah organisasi lebih banyak membangun sisi negatif yang dimilikinya, maka kekuatan sumber daya manusia dalam organisasi tersebut dipastikan tidak akan berkembang secara berkelanjutan

e. Pendekatan berbasis Aset akan mendorong kita menjadi individu yang tidak mudah curiga

 

Kunci Jawaban

Salah satu sebab pendekatan berbasis aset dipandang lebih baik dibandingkan pendekatan berbasis kekurangan adalah Bila sebuah organisasi lebih banyak membangun sisi positif yang dimilikinya, maka kekuatan sumber daya manusia dalam organisasi tersebut dipastikan akan berkembang secara berkelanjutan (jawaban A)

 

Pembahasan

Salah satu alasan mengapa pendekatan berbasis aset dipandang lebih baik dibandingkan pendekatan berbasis kekurangan adalah karena pendekatan berbasis aset lebih fokus pada potensi dan kemampuan yang dimiliki individu atau kelompok, daripada hanya memusatkan perhatian pada kelemahan atau kekurangan mereka. Berikut adalah beberapa alasan mengapa pendekatan berbasis aset dianggap lebih efektif:

 

  1. Pemberdayaan: Pendekatan berbasis aset memberdayakan individu atau kelompok dengan mengidentifikasi dan memanfaatkan sumber daya yang ada. Ini dapat meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi untuk mencapai tujuan.
Baca Juga:  Batik yang bermotif benda mati berupa

 

  1. Pendekatan Positif: Pendekatan ini mempromosikan pandangan positif terhadap individu atau kelompok dengan mengakui nilai-nilai, kekuatan, dan kontribusi yang mereka bawa. Hal ini dapat meningkatkan motivasi untuk berpartisipasi dalam perubahan yang positif.

 

  1. Berfokus pada Solusi: Pendekatan berbasis aset lebih berfokus pada menemukan solusi daripada hanya mengidentifikasi masalah. Ini dapat menghasilkan ide-ide kreatif dan inovatif untuk mengatasi tantangan.

 

  1. Pengurangan Stigma: Pendekatan ini dapat membantu mengurangi stigma yang terkait dengan kelemahan atau masalah. Ini membuka peluang untuk meningkatkan inklusi dan dukungan sosial.

 

  1. Pendekatan Berkelanjutan: Pendekatan berbasis aset memungkinkan individu atau kelompok untuk membangun fondasi yang kuat untuk pertumbuhan dan perbaikan berkelanjutan. Dengan memanfaatkan aset yang ada, mereka dapat terus berkembang.

 

Melalui pendekatan berbasis aset, individu atau komunitas dilihat sebagai sumber daya yang berharga, dan ini dapat menghasilkan hasil yang lebih efektif dan berkelanjutan dalam upaya perbaikan atau pengembangan. Pendekatan ini mendorong pandangan yang lebih positif dan holistik terhadap individu atau kelompok, yang dapat membantu menciptakan perubahan yang lebih baik.

Check Also

Suku yang dapat dijumpai di daerah jawa barat yaitu Suku Sunda. Sekitar 75% penduduk Jawa Barat adalah Suku Sunda yang merupakan penduduk asli provinsi ini.

Suku yang dapat dijumpai di daerah jawa barat yaitu

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi suku yang dapat …