Pernyataan yang benar mengenai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran merupakan sumber informasi bagi guru untuk menentukan tindak lanjut penyesuaian pembelajaran sesuai kondisi murid

Pernyataan yang benar mengenai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal pernyataan yang benar mengenai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah yang terdapat dalam post test Modul 1 Topik 5 pada platform Merdeka Mengajar.

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Pernyataan yang benar mengenai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah

A. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran akan sama untuk semua guru dan murid.

B. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran menjadi standar minimum yang harus dicapai setiap murid.

C. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran merupakan sumber informasi bagi guru untuk menentukan tindak lanjut penyesuaian pembelajaran sesuai kondisi murid.

D. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran tidak berkaitan dengan aktivitas selama proses pembelajaran dan strategi asesmen yang akan dilakukan.

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Pernyataan yang benar mengenai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran merupakan sumber informasi bagi guru untuk menentukan tindak lanjut penyesuaian pembelajaran sesuai kondisi murid (jawaban C).

 

Pembahasan

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KTTP) diturunkan dari indikator penilaian suatu tujuan pendidikan yang mencerminkan kmompetensi pencapaian dalam tujuan pembelajaran.

 

Berfungsi untuk merefleksikan proses pembelajaran dan mendiagnosa tingkat kemahiran siswa.

 

Sehingga pendidik dapat memperbaiki proses pembelajaran atau memberikan intervensi yang tepat.

 

KTTP merupakan standar yang ditetapkan untuk menentukan tercapai tidaknya tujuan pembelajaran.

 

Umumnya standar tersebut akan ditentukan oleh guru berdasarkan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya.

 

Artinya, kriteria Tujuan Pembelajaran merupakan sumber informasi bagi guru dalam menentukan penyesuaian untuk melanjutkan pembelajaran dengan menyesuaikan keadaan siswa.

 

Dengan adanya standar ini, guru akan lebih mudah mengetahui sejauh mana siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Baca Juga:  Diketahui pola bilangan 17, 14, 11, 8… suku ke-7 dari pola bilangan tersebut adalah

 

Jika siswa tidak mencapai tujuan pembelajaran tersebut, guru dapat memodifikasi strategi pembelajaran agar tujuan tersebut tercapai.

 

Tidak hanya itu, kriteria pencapaian tujuan pembelajaran juga dapat membantu guru menentukan apakah siswa siap untuk melanjutkan ke mata pelajaran berikutnya atau perlu mengulang mata pelajaran sebelumnya.

 

Setiap guru dan satuan pengajaran akan menggunakan alur tujuan pembelajaran dan satuan pengajaran yang berbeda, sehingga dalam menentukan pencapaian tujuan pembelajaran diperlukan kriteria dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Tujuan pembelajaran.
  • Aktivitas pembelajaran.
  • Asesmen yang dilaksanakan.

Check Also

Suku yang dapat dijumpai di daerah jawa barat yaitu Suku Sunda. Sekitar 75% penduduk Jawa Barat adalah Suku Sunda yang merupakan penduduk asli provinsi ini.

Suku yang dapat dijumpai di daerah jawa barat yaitu

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi suku yang dapat …