Capaian pembelajaran dibuat untuk rentang waktu 1 fase

Capaian pembelajaran dibuat untuk rentang waktu

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal capaian pembelajaran dibuat untuk rentang waktu

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Daftar Isi

Soal

Capaian pembelajaran dibuat untuk rentang waktu

A. 1 fase

B. 1 tahun ajaran

C. 1 semester

D. Tergantung kebutuhan

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Capaian pembelajaran dibuat untuk rentang waktu 1 fase (jawaban A)

 

Pembahasan

Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi belajar yang harus dicapai peserta didik pada setiap tahapan perkembangannya, dimulai dari Tahap Fondasi di PAUD.

 

Capaian Pembelajaran mencakup berbagai kompetensi dan ruang lingkup mata pelajaran, yang disusun secara komprehensif dalam bentuk naratif.

 

Capaian Pembelajaran memuat seperangkat kompetensi dan ruang lingkup mata pelajaran yang disusun secara komprehensif dalam bentuk naratif.

 

Capaian Pembelajaran untuk pendidikan dasar dan menengah terdiri dari 6 fase (A-F).

 

Dengan rincian kelas untuk masing-masing fase yaitu Kelas 1-2 (Fase A), 3-4 (Fase B), lalu 5-6 (Fase C) untuk sekolah dasar. Untuk tingkat SMP, Tahap D untuk kelas 7-9, sedangkan Tahap E (10) dan Tahap F (11-12) untuk sekolah menengah atas.

 

Seluruh pendidikan dasar dan menengah akan mengikuti tahapan ini, mulai dari tingkat dasar yaitu SD/MI dan SDLB.

 

Sedangkan jenjang menengah meliputi SMPLB, SMP/MTs, SMK/MAK, dan SMA/MA.

 

Capaian Pembelajaran juga harus disiapkan bagi siswa yang mengambil Paket A, Paket B, atau Paket C.

 

Semua mata pelajaran pada pendidikan dasar dan menengah dituntut untuk mencapai Capaian Pembelajaran yang sesuai.

 

Sementara itu, bagi siswa berkebutuhan khusus yang berkaitan dengan hambatan intelektual, perlu dibuatkan Capaian Pembelajaran khusus.

Baca Juga:  Jika boleh berandai-andai, sekolah impian ibu dan bapak guru itu sekolah yang bagaimana?

 

Sedangkan bagi siswa berkebutuhan khusus tetapi tidak memiliki hambatan intelektual dapat menggunakan Capaian Pembelajaran umum yaitu dengan menerapkan prinsip memodifikasi kurikulum.

 

Selain Capaian Pembelajaran umum dan khusus, terdapat juga Capaian Pembelajaran untuk setiap komponen. Oleh karena itu, setiap topik akan merangkum unsur-unsur yang diperlukan dalam pembelajaran.

 

Serta hal-hal apa saja agar siswa dapat mencapai pembelajaran pada setiap unsur yang terdapat pada materi yang tersedia.

Check Also

Dalam pembelajaran dengan paradigma baru, asesmen ditempatkan sebagai berikut, kecuali alat untuk menghasilkan nilai

Dalam pembelajaran dengan paradigma baru, asesmen ditempatkan sebagai berikut, kecuali

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal dalam pembelajaran dengan paradigma baru, asesmen …