Struktur teks artikel konseptual adalah 1) judul artikel; 2) kepemilikan atau nama penulis; 3)pendahuluan; 4) bagian inti atau isi artikel; 5) penutup; dan 6) Bibliography.

Struktur teks artikel konseptual adalah

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal tentang struktur teks artikel konseptual adalah

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Daftar Isi

Soal

Struktur teks artikel konseptual adalah

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Struktur teks artikel konseptual adalah 1) judul artikel; 2) kepemilikan atau nama penulis; 3)pendahuluan; 4) bagian inti atau isi artikel; 5) penutup; dan 6) Daftar pustaka atau Bibliography.

 

Pembahasan

Artikel adalah tulisan faktual lengkap dengan panjang tertentu yang disiapkan untuk dipublikasikan di media online dan cetak (melalui jurnal, surat kabar, majalah, selebaran, blog, cetakan muka, dll.) dan bertujuan untuk menyampaikan ide dan fakta yang dapat meyakinkan , mendidik, dan menghibur.

 

Struktur penulisan artikel konseptual yaitu: 1) judul artikel; 2) kepemilikan atau nama penulis; 3)pendahuluan; 4) bagian inti atau isi artikel; 5) penutup; dan 6) Bibliography.

 

Artikel ilmiah terkenal di dunia akademik dibagi menjadi dua bagian, yaitu artikel penelitian dan artikel konseptual (non penelitian).

 

Jika artikel penelitian membutuhkan studi terlebih dahulu, artikel konseptual (non-penelitian) tidak.

 

Artikel konseptual sering disebut Artikel sebagai hasil pemikiran tentang masalah tertentu dalam bentuk tertulis, menggunakan bahasa baku (sesuai EYD).

 

Dalam upaya menghasilkan artikel jenis ini, penulis terlebih dahulu mengkaji sumber-sumber yang relevan dengan permasalahan, baik yang sejalan dengan apa yang diyakininya maupun yang bertentangan dengannya.

 

Sumber yang disarankan untuk dikonsultasikan dalam rangka menghasilkan artikel yang menggugah pikiran adalah juga artikel yang relevan dengan sumber pemikiran, temuan penelitian sebelumnya, serta teori-teori yang dapat digali dari buku teks.

Baca Juga:  Dalam penelitian ada sebuah dugaan yang belum tentu kebenarannya dan kesalahannya. Hal demikian disebut

 

Bagian terpenting dari artikel hasil konseptual adalah pendapat atau posisi penulis tentang masalah yang dibahas, yang dikembangkan dari analisis ide-ide yang diterbitkan sebelumnya tentang masalah yang sama dan ide-ide baru penulis tentang hal-hal yang akan dipelajari jika ada.

 

Oleh karena itu, artikel pemikiran bukan sekadar kutipan dari sejumlah artikel, apalagi transliterasi tulisan dari sejumlah sumber, tetapi merupakan hasil pemikiran analitis dan kritis pengarang.

 

Ketentuan penulisan artikel konseptual (non penelitian) terutama berlaku untuk penulisan artikel pendek (yaitu makalah tidak lebih dari 20 halaman), kecuali dalam makalah pendek tidak diperlukan abstrak dan kata kunci.

Check Also

Sebutkan unsur-unsur pendukung dalam membuat reklame

Sebutkan unsur-unsur pendukung dalam membuat reklame

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi sebutkan unsur-unsur pendukung …