Apakah tahapan tahapan pada bagian selanjutnya sudah jelas

Apakah tahapan tahapan pada bagian selanjutnya sudah jelas

Soal ini terdapat pada buku Bahasa Indonesia kelas XI halaman 11

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

 

Jawaban

Pada teks “Cara Menghidupkan Komputer” dan teks “Cara Mematikan Komputer”, tahapan-tahapan dalam melakukan kegiatan tersebut sudah jelas karena disusun berdasarkan urutan langkah-langkah yang benar sehingga tujuan dari kegiatan ini berhasil dengan baik.

 

Pembahasan

Pengertian Teks Prosedur

Pengertian Teks Prosedur Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi prosedur adalah langkah-langkah atau kegiatan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Teks prosedur ini menjelaskan proses pembuatan atau mengoperasikan sesuatu melalui langkah-langkah secara teratur dan sistematis. Teks prosedur bermanfaat untuk pembaca memahami dan menggunakan suatu alat tanpa merusaknya. Selain itu, teks ini bisa mengarahkan aktivitas tertentu untuk dijalankan lebih mudah.

 

Tujuan teks prosedur

Tujuan teks prosedur untuk memberikan petunjuk kepada pembaca melakukan sesuatu melalui serangkaian tahapan. Bahasa yang digunakan teks prosedur ini mudah dipahami oleh pembaca.

 

Struktur Teks Prosedur

Struktur teks prosedur dibagi menjadi tiga yaitu tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang. Setiap teks memiliki struktur untuk pembuatan dan penyusunan.

 

  • Tujuan

Struktur tujuan biasanya berada di awal kalimat untuk pengantar topik. Tujuan ini berisi tentang alasan mengapa teks prosedur dibuat. Bagian ini menjelaskan sedikit mengenai topik yang akan dibahas, sebelum menjelaskan secara langsung tahapan-tahapan di kalimat selanjutnya. Kalimat awal ini berisi tujuan dan manfaat penulisan.

 

  • Langkah-Langkah dan Materi

Bagian kedua setelah tujuan pengantar topik adalah langkah-langkah. PAda bagian ini menjelaskan tentang suatu proses atau tahapan secara runtut. Tahapan ini penting untuk dituliskan supaya proses akhir bisa lebih maksimal.

Baca Juga  Manfaat energi matahari bagi tumbuhan

 

Bagian langkah-langkah ini disusun secara berurutan dari nol sampai pembahasan pencapaian. Contoh langkah-langkah pada teks, terdapat pada buku resep dari proses penyiapan bahan sampai cara memasak ayam goreng.

 

Penulis memaparkan materi berupa alat, bahan, ukuran, dan takaran bahan-bahan untuk dimasak. Kemudian menjelaskan tahapan untuk memasak supaya mudah dipahami oleh pembaca. Bagian langkah-langkah ini memakai poin atau nomor sesuai urutan.

 

  • Penegasan Ulang atau Kesimpulan

Bagian penegasan merupakan tahapan akhir, berisi manfaat dan petunjuk untuk dijalankan dengan baik. Bagian kesimpulan ini bisa ditambahkan atau tidak ada teks prosedur karena sifatnya opsional.

 

 

SUmber: Katadata.co.id