Teks yang memiliki struktur pernyataan umum dan uraian adalah teks eksplanasi

Teks yang memiliki struktur pernyataan umum dan uraian adalah

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal teks yang memiliki struktur pernyataan umum dan uraian adalah

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Teks yang memiliki struktur pernyataan umum dan uraian adalah

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Teks yang memiliki struktur pernyataan umum dan uraian adalah teks eksplanasi.

 

Pembahasan

Pengertian Teks Eksplanasi

Menurut Mahsun dalam buku Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks, teks eksplanasi adalah teks yang dibuat dengan struktur yang terdiri dari bagian-bagian yang memperlihatkan pernyataan umum (pembukaan), deret penjelasan (isi), dan interpretasi atau penutup.

 

Struktur teks eksplanasi

Menurut Kemdikbud, ada tiga struktur teks eksplanasi, yaitu:

 

  1. Pernyataan umum berisi pernyataan umum tentang suatu topik. Yang akan dijelaskan adalah proses terjadinya, proses keberadaannya, proses pembentukannya, dan seterusnya. Pernyataan umum ini ringkas, menarik, dan jelas. Sehingga dapat menggugah minat pembaca untuk melihat detailnya. Pernyataan umum juga berisi objek yang menjawab pertanyaan tentang suatu peristiwa, terutama untuk pertanyaan “apa”, “mengapa”, dan “bagaimana”.

 

  1. Serangkaian penjelasan, berisi uraian tentang proses terjadinya suatu peristiwa. Penjelasan dapat terdiri dari beberapa paragraf. Rangkaian penjelasan ini tidak hanya berfungsi untuk menjelaskan fenomena yang dimaksud, tetapi juga menekankan proses terjadinya fenomena tersebut. Dalam paragraf penjelas, terdapat perincian sebab dan akibat dari fenomena yang dapat terjadi. Rincian berpola dari pertanyaan “bagaimana” akan menghasilkan gambaran kronologis atau bertahap. Dalam hal ini tahapan-tahapan peristiwa disusun secara kronologis. Kemudian, perincian modal dari pertanyaan ‘mengapa’ akan menghasilkan deskripsi beraturan kausal. Dalam hal ini, tahapan peristiwa disusun melalui hubungan sebab akibat.
Baca Juga:  Buku yang isinya adalah cerita atau kisah yang berasal dari fantasi, khayalan, atau imajinasi yang pengarang adalah pengertian yang tepat bagi

 

  1. Penutup atau interpretasi, yang memuat intisari atau kesimpulan dari fenomena yang dibicarakan. Saran dan tanggapan penulis tentang fenomena yang terjadi juga dapat ditambahkan dalam kesimpulan.

Check Also

Sebutkan unsur-unsur pendukung dalam membuat reklame

Sebutkan unsur-unsur pendukung dalam membuat reklame

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi sebutkan unsur-unsur pendukung …