Perbedaan struktur teks artikel penelitian dan teks artikel konseptual terletak pada bagian

Perbedaan struktur teks artikel penelitian dan teks artikel konseptual terletak pada bagian

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal tentang perbedaan struktur teks artikel penelitian dan teks artikel konseptual terletak pada bagian

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Perbedaan struktur teks artikel penelitian dan teks artikel konseptual terletak pada bagian

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban dan Pembahasan

Artikel Penelitian

Setiap hasil penelitian dapat dipublikasikan melalui jurnal ilmiah, atau disajikan dalam forum ilmiah. Hasil penelitian tersebut perlu disusun terlebih dahulu ke dalam wujud artikel ilmiah sebelum dipublikasikan melalui jurnal. Isi artikel dari hasil penelitian perlu mengikuti format jurnal. Artikel hasil penelitian pada umumnya berisi tentang (1) judul artikel, (2) nama peneliti, (3) abstrak dan kata-kata kunci, (4) pendahuluan (di dalamnya mengulas latar belakang dan kajian teori sesuai variabel yang diteliti), (5) metode, (6) hasil dan pembahasan, (7) kesimpulan, (8) dan daftar pustaka.

 

Artikel konseptual

Berbeda dengan artikel hasil penelitian; artikel konseptual lebih  menekankan pada penguraian gagasan si penulis yang didukung dengan kajian teoritis yang mendukung pada gagasan tersebut. Dalam artikel konseptual, tanpa disertai dengan penulisan metode atau rancangan penelitian, tetapi berisi penjelasan gagasan yang didukung dengan alasan-alasan rasional dari teori yang yang relevan dengan maksud gagasan tersebut. Penulisan atau format tulisan artikel konseptual tidak memiliki format yang baku seperti artikel hasil penelitian.

 

Artikel penelitian dan artikel konseptual merupakan dua jenis tulisan ilmiah yang berbeda dalam pendekatan, fokus, dan tujuannya. Perbedaan struktur teks antara kedua jenis artikel ini sangat penting untuk dipahami agar penulis dapat menyusun tulisan dengan benar sesuai dengan jenis artikel yang ingin disampaikan. Bagian-bagian dalam kedua jenis artikel ini memiliki karakteristik yang berbeda, berikut adalah perbedaannya:

Baca Juga:  Salah satu sikap yang harus dimiliki oleh seorang peneliti adalah ktitis, artinya

 

Perbedaan Artikel  penelitian dan teks artikel konseptual

  1. Pendahuluan (Introduction)

Artikel Penelitian:

Pendahuluan dalam artikel penelitian dimulai dengan menyajikan latar belakang masalah, merumuskan permasalahan yang akan diteliti, dan menyajikan tujuan penelitian serta hipotesis yang diajukan. Tujuannya adalah untuk memberikan dasar yang kuat bagi pembaca agar memahami konteks penelitian dan mengapa penelitian ini perlu dilakukan.

 

Artikel Konseptual:

Pendahuluan dalam artikel konseptual juga memperkenalkan topik yang akan dibahas, tetapi lebih fokus pada latar belakang konsep atau gagasan yang akan diuraikan dalam artikel. Penulis menjelaskan mengapa konsep tersebut relevan dan menarik untuk dibahas.

 

  1. Pembahasan Konseptual (Conceptual Discussion)

Artikel Penelitian:

Artikel penelitian tidak memiliki bagian pembahasan konseptual secara khusus. Diskusi dalam artikel penelitian lebih difokuskan pada hasil penelitian, analisis data, dan perbandingan dengan penelitian sebelumnya.

 

Artikel Konseptual:

Bagian pembahasan konseptual menjadi inti dalam artikel konseptual. Penulis menyajikan pemikiran, argumen, dan analisis mendalam tentang konsep atau gagasan yang menjadi fokus artikel. Artikel ini bersifat teoritis dan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang suatu konsep.

 

  1. Hubungan dengan Literatur (Literature Review)

Artikel Penelitian:

Bagian literatur dalam artikel penelitian berfungsi untuk mendukung argumen dan analisis hasil penelitian. Referensi dari penelitian sebelumnya digunakan untuk membandingkan dan melengkapi temuan penelitian.

 

Artikel Konseptual:

Literature review dalam artikel konseptual menjadi bagian penting karena menyajikan tinjauan literatur yang relevan dengan konsep atau gagasan yang dibahas. Referensi dari literatur ilmiah digunakan untuk mendukung argumen dan analisis yang telah dibuat.

 

  1. Implikasi dan Rekomendasi

Artikel Penelitian:

Bagian diskusi pada artikel penelitian menyajikan implikasi dari hasil penelitian dan memberikan saran untuk penelitian selanjutnya.

Baca Juga:  Mosi untuk debat harus memiliki kekuatan argumen mendukung dan menolak yang sama kuat. Artinya mosi harus

 

Artikel Konseptual:

Implikasi dari konsep atau gagasan yang telah diuraikan menjadi fokus dalam artikel konseptual. Penulis memberikan rekomendasi atau saran untuk penerapan konsep tersebut dalam bidang yang relevan.

 

  1. Kesimpulan (Conclusion)

Artikel Penelitian:

Kesimpulan pada artikel penelitian menyajikan ringkasan dari hasil penelitian dan menyimpulkan temuan-temuan yang diperoleh dari analisis data.

 

Artikel Konseptual:

Kesimpulan pada artikel konseptual menyajikan ringkasan dari analisis dan pemahaman tentang konsep atau gagasan yang telah diuraikan dalam artikel.

 

Perbedaan struktur teks antara artikel penelitian dan artikel konseptual terletak pada fokus dan pendekatan yang digunakan. Artikel penelitian lebih menekankan pada hasil penelitian empiris, sedangkan artikel konseptual lebih berfokus pada penyajian gagasan dan konsep. Dengan memahami perbedaan ini, penulis dapat menyusun artikel dengan tepat sesuai jenis artikel yang ingin disampaikan, sehingga tulisan menjadi lebih informatif dan persuasif sesuai dengan tujuan penulisan.

Check Also

Sebutkan unsur-unsur pendukung dalam membuat reklame

Sebutkan unsur-unsur pendukung dalam membuat reklame

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi sebutkan unsur-unsur pendukung …