Ketika kita memiliki ide usaha yang akan kita kembangkan ada baiknya kita melihat potensi pasar. potensi pasar dapat di kenali dengan dua pendekatan, yaitu Permintaan dan penawaran

Ketika kita memiliki ide usaha yang akan kita kembangkan ada baiknya kita melihat potensi pasar. potensi pasar dapat di kenali dengan dua pendekatan, yaitu

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu ketika kita memiliki ide usaha yang akan kita kembangkan ada baiknya kita melihat potensi pasar. potensi pasar dapat di kenali dengan dua pendekatan, yaitu

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Soal

Ketika kita memiliki ide usaha yang akan kita kembangkan ada baiknya kita melihat potensi pasar. potensi pasar dapat di kenali dengan dua pendekatan, yaitu

A. Permintaan dan penawaran

B. Permintaan dan pembelian

C. Pembelian dan penawaran

D. Kreasi dan inovasi

E. Permintaan dan kebutuhan

 

Kunci Jawaban

Ketika kita memiliki ide usaha yang akan kita kembangkan ada baiknya kita melihat potensi pasar. potensi pasar dapat di kenali dengan dua pendekatan, yaitu pendekatan permintaan dan penawaran (jawaban A).

 

Pembahasan

Pendekatan permintaan dan penawaran adalah salah satu konsep utama dalam ekonomi yang digunakan untuk menganalisis interaksi antara konsumen dan produsen di pasar. Konsep ini mencakup dua aspek utama dalam studi ekonomi:

 

Pendekatan Permintaan

Ini berkaitan dengan perilaku konsumen dan bagaimana mereka merespons perubahan harga dan faktor-faktor lain yang memengaruhi keputusan pembelian mereka. Beberapa poin penting dalam pendekatan permintaan meliputi:

 

  • Hukum permintaan: Hukum ini menyatakan bahwa, dengan asumsi faktor-faktor lainnya tetap konstan, semakin tinggi harga suatu produk atau jasa, semakin rendah jumlah yang diminta oleh konsumen, dan sebaliknya.
  • Elastisitas permintaan: Ini mengukur sejauh mana perubahan harga akan memengaruhi perubahan jumlah yang diminta oleh konsumen. Permintaan dikatakan elastis jika perubahan harga berpengaruh besar terhadap jumlah yang diminta, dan inelastis jika perubahan harga berpengaruh kecil terhadap jumlah yang diminta.
  • Faktor-faktor yang memengaruhi permintaan: Beberapa faktor yang memengaruhi permintaan termasuk pendapatan konsumen, harga barang lain yang saling menggantikan, preferensi konsumen, dan faktor-faktor eksternal seperti perubahan tren atau musim.
Baca Juga:  Kalimantan barat dapat memproduksi karet secara efisien dan murah dibandingkan aceh dalam memproduksi karet kalimantan barat dianggap memiliki keunggulan

 

Pendekatan Penawaran

Ini berkaitan dengan perilaku produsen atau penjual dan bagaimana mereka merespons perubahan harga dan faktor-faktor lain yang memengaruhi keputusan produksi dan penjualan mereka. Beberapa poin penting dalam pendekatan penawaran meliputi:

  • Hukum penawaran: Hukum ini menyatakan bahwa, dengan asumsi faktor-faktor lainnya tetap konstan, semakin tinggi harga suatu produk atau jasa, semakin banyak jumlah yang ditawarkan oleh produsen, dan sebaliknya.
  • Elastisitas penawaran: Ini mengukur sejauh mana perubahan harga akan memengaruhi perubahan jumlah yang ditawarkan oleh produsen. Penawaran dikatakan elastis jika perubahan harga berpengaruh besar terhadap jumlah yang ditawarkan, dan inelastis jika perubahan harga berpengaruh kecil terhadap jumlah yang ditawarkan.
  • Faktor-faktor yang memengaruhi penawaran: Beberapa faktor yang memengaruhi penawaran termasuk biaya produksi, teknologi, regulasi pemerintah, ekspektasi harga di masa depan, dan faktor-faktor eksternal seperti bencana alam atau perubahan iklim.

 

Pendekatan permintaan dan penawaran digunakan dalam ekonomi untuk memahami bagaimana harga dan kuantitas produk atau jasa ditentukan di pasar.

 

Dalam analisis pasar, kedua pendekatan ini digabungkan untuk menentukan titik keseimbangan di mana harga dan kuantitas yang diminta oleh konsumen sama dengan kuantitas yang ditawarkan oleh produsen.

 

Konsep ini sangat penting dalam menentukan bagaimana pasar beroperasi, bagaimana kebijakan ekonomi dapat memengaruhi perilaku pasar, dan bagaimana konsumen serta produsen merespons perubahan dalam kondisi pasar.

Check Also

Pengujian produk mempunyai beberapa kegunaan. Berikut ini yang bukan termasuk kegunaan dari pengujian produk, adalah Mendapat pasar konsumen

Pengujian produk mempunyai beberapa kegunaan. Berikut ini yang bukan termasuk kegunaan dari pengujian produk, adalah

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu pengujian …