Teknik perbanyakan tanaman melalui kultur jaringan melalui proses tahapan perkembangan

Teknik perbanyakan tanaman melalui kultur jaringan melalui proses tahapan perkembangan

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi teknik perbanyakan tanaman melalui kultur jaringan melalui proses tahapan perkembangan

 

Untuk menjawab soal seperti ini, sebaiknya kamu mempelajari materi yang telah diajarkan sebelumnya  supaya lebih memudahkan untuk mengerjakan.

 

Tetapi apabila tetap kesulitan dalam menjawab soal yang ini, tenang saja karena jawaban dan pembahasan yang kami ambil dari berbagai referensi terpercaya akan kami berikan dalam artikel ini.

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Soal

Teknik perbanyakan tanaman melalui kultur jaringan melalui proses tahapan perkembangan

A. Eksplan – kalus – planlet

B. Eksplan – planlet – kalus

C. Kalus – eksplan – planlet

D. Kalus – planlet – eksplan

E. Planlet – kalus – eksplan

 

Kunci Jawaban

Teknik perbanyakan tanaman melalui kultur jaringan melalui proses tahapan perkembangan adalah Eksplan – kalus – planlet (jawaban A)

 

Pembahasan

Tahapan Kultur Jaringan

Kultur jaringan, menjadi salah satu metode perbanyakan tanaman, mengambil dasar pada sifat totipotensi. Totipotensi ini mencerminkan kemampuan luar biasa setiap sel tumbuhan untuk berkembang menjadi individu baru yang sempurna.

 

Proses kultur jaringan dimulai dengan isolasi sel atau jaringan tanaman yang diinginkan, yang kemudian diikuti dengan penyediaan media pertumbuhan yang kaya nutrisi dan steril. Dalam tahap ini, beberapa langkah utama dijalankan untuk memastikan keberhasilan kultur jaringan, yaitu:

 

  1. Eksplan

Bagian tanaman yang akan dikultur jaringan disebut eksplan. Eksplan dapat berasal dari berbagai jaringan muda, termasuk akar, batang, atau tunas.

Baca Juga:  Rantai makanan hanya bagian kecil dari sebuah

 

  1. Kalus

Eksplan yang telah diisolasi akan mengalami transformasi menjadi kalus. Sel-sel kalus kemudian dipisahkan dan dikultur ulang untuk membentuk kalus baru. Proses diferensiasi pada sel-sel kalus ini menjadi sangat penting untuk membentuk struktur tanaman yang utuh.

 

  1. Planlet

Sel-sel kalus yang telah mengalami diferensiasi akan berkembang menjadi tanaman kecil yang lengkap, disebut planlet. Setelah mencapai ukuran tertentu, planlet akan dipindahkan ke dalam media tanah untuk melanjutkan pertumbuhannya.

 

Secara singkat, tahapan kultur jaringan berurutan terdiri dari eksplan, kalus, dan planlet, membentuk proses integral yang memungkinkan reproduksi tanaman secara efektif melalui metode vegetatif ini.

Check Also

Berikut ini yang termasuk ke dalam bioteknologi veteriner adalah

Berikut ini yang termasuk ke dalam bioteknologi veteriner adalah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi berikut ini yang …