Breaking News
Jelaskan yang dimaksud dengan pola makan sehat

Jelaskan yang dimaksud dengan pola makan sehat

Jelaskan yang dimaksud dengan pola makan sehat

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

Jawaban

Pola makan sehat adalah pola makan yang seimbang dan memenuhi semua gizi yang diperlukan dalam tubuh, terutama 4 sehat 5 sempurna. Dengan menerapkan pola makan sehat maka kebutuhan asupan tubuh terpenuhi dengan baik.

 

Pembahasan

Makanan dan Kesehatan

Tubuh memperoleh zat gizi dalam bentuk makanan, baik dari tumbuhan maupun hewan sehingga manusia dapat tumbuh dan berkembang. Zat yang berasal dari makanan disebut sebagai zat makanan atau zat gizi yang terdiri dari enam macam yaitu karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin dan air. Masing-masing zat tersebut memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing dalam tubuh. Untuk memenuhi gizi pada tubuh maka kita harus makan berbagai macam makanan yang sehat dan seimbang yang mengandung masing-masing gizi tersebut. Terpenuhinya kebutuhan gizi akan menyebabkan tubuh kita menjadi sehat karena makanan yang mengandung gizi dapat memiliki kegunaan bagi tubuh kita yaitu:

 

Membangun dan memelihara tubuh artinya kita sebagai manusia akan mengalami masa pertumbuhan sejak dari dalam kandungan hingga dewasa. Makanan yang mengandung gizi seimbang dan sehat akan membantu tubuh untuk memproduksi sel baru yang berguna bagi pertumbuhan tubuh dan memperbaiki kerusakan dalam tubuh. Zat yang berguna sebagai zat pembangun adalah protein dan mineral.

 

Memberi tenaga pada tubuh artinya memakan makanan yang bergizi akan membantu tubuh kita untuk kuat dalam melakukan gerakan, karena sejatinya manusia hidup akan selalu bergerak sehingga dibutuhkan tenaga untuk menggerakan tubuh kita yang berasal dari makanan bergizi terutama yang mengandung karbohidrat sebagai sumber tenaga pada manusia. Zat yang berfungsi sebagai sumber tenaga adalah karbohidrat atau bidrat arang, lemak, dan protein.

 

Mengatur proses faali dalam tubuh artinya koordinasi antara proses faali dalam tubuh harus terus difungsikan, misalnya penyesuaian suhu tubuh dengan suhu sekitar. Proses faali ini akan baik jika kita memakan makanan yang bergizi dan mengandung zat yang berfungsi bagi kesehatan kita. Zat yang berguna sebagai zat pengatur adalah vitamin, protein, mineral, dan air.

 

Seseorang yang mengalami kekurangan gizi akan berdampak buruk bagi tubuh dan kesehatannya. Namun juga sebaliknya seseorang yang kelebihan gizi juga tidak baik untuk tubuh, sehingga kita membutuhkan keadaan gizi seimbang dalam tubuh. Keadaan gizi yang kelebihan atau kekurangan disebut gizi salah. Pepatah romawi mengatakan men sana in corporesano yang artinya didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.