Pola gerak berirama merupakan perpaduan antara gerak tari dengan olahraga

Pola gerak berirama merupakan perpaduan antara gerak tari dengan

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal pola gerak berirama merupakan perpaduan antara gerak tari dengan

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Pola gerak berirama merupakan perpaduan antara gerak tari dengan

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Pola gerak berirama merupakan perpaduan antara gerak tari dengan olahraga.

 

Pembahasan

Pengertian Gerak Berirama

Secara umum, gerak berirama atau sering disebut juga dengan senam irama merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan dengan musik atau lagu sebagai pengiringnya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), senam irama adalah aktivitas menggerakkan tubuh dengan mengikuti irama dari lagu atau musik.

 

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica (2015), gerak berirama atau yang lebih dikenal dalam Bahasa Inggris sebagai rhythmic gymnastics merupakan suatu aktivitas fisik yang dilakukan dengan menggunakan bantuan, misalnya saja seperti bola, tali, dan pita.

 

Sementara itu, menurut pendapat Oktariyana dan Oktariyani dalam bukunya yang berjudul Pembelajaran Gerak Senam Berirama Berbasis Multimedia, gerak berirama banyak dilakukan sebagai tujuan untuk meningkatkan kebugaran, kesehatan, dan tentunya kelenturan tubuh, terutama peningkatan daya tahan kardiovaskuler dan kelenturan sendi tubuh.

 

Gerak berirama juga dapat dilakukan dengan menggunakan alat atau tanpa alat. Misalnya beberapa alat yang sering digunakan seperti gada, simpai, tongkat, bola, pita, dan topi. Rangkaian senam ritmik juga dapat dilakukan dengan cara berjalan, berlari, melompat, melompat, serta mengayunkan dan memutar tangan.

 

Sesuai dengan namanya, gerak ritmis adalah olahraga yang di dalamnya terdapat unsur-unsur koordinasi gerak yang mengikuti irama (ketukan), baik dari musik maupun tanpa musik. Oleh karena itu, gerak ritmis membutuhkan keselarasan yang sangat baik antara gerak dan irama.

Check Also

Gerakan senam lantai berikut dapat dilakukan di atas peti lompat kecuali Radslag, Guling depan

Gerakan senam lantai berikut dapat dilakukan di atas peti lompat kecuali

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi gerakan senam lantai …