Berdasarkan isinya apakah fungsi teks prosedur itu

Berdasarkan isinya apakah fungsi teks prosedur itu

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

 

Jawaban

Berdasarkan pada isinya maka fungsi dari teks prosedur adalah menyajikan langkah-langkah atau tahapan-tahapan dalam melakukan sesuatu hal agar tujuan yang diinginkan bisa tercapai dengan baik.

 

Pembahasan

Teks prosedur merupakan salah satu jenis teks yang isinya adalah penyampaian cara atau pun langkah-langkah. Menurut Ridwan Karim, melalui teks prosedur, pembaca nantinya bisa mencapai suatu tujuan atau dapat menciptakan sesuatu dengan baik dan benar.

 

Ciri-ciri teks prosedur

Teks prosedur adalah salah satu jenis paragraf (teks) yang paling mudah dibedakan daripada jenis lain. Nah, inilah beberapa ciri khasnya:

 

  1. Berisi langkah-langkah atau tahapan

Ciri khas teks prosedur adalah isinya yang berupa tahapan atau langkah-langkah. Penulis biasanya sudah mengetahui seluk beluk sesuatu hal termasuk cara melakukannya, secara mendalam. Apalagi jika dalam melakukan tahapan tersebut, penulis mengalami kendala.

 

  1. Berisi informasi yang objektif

Teks prosedur berisi informasi yang objektif karena ditulis berdasarkan pengalaman nyata, percobaan maupun analisis yang sudah dilakukan oleh penulis.

 

Jenis teks ini bukan lagi tulisan imajinatif penulis atau yang dikhayalnya. Tapi itulah yang dilakukan. Itulah yang harus dihindari agar berhasil mencapai suatu hasil atau tujuan.

 

  1. Penulisan sistematis dan detail

Penulisan teks prosedur sistematis dan detail sesuai kronologisnya. Karena penulis bermaksud ingin membuat pembacanya memahami dan langsung bisa mempraktekannya dengan mudah, baik dan benar. Selain itu juga untuk mengurangi tingkat kesalahan atau kegagalan hasil.

 

  1. Ditulis berupa poin-poin

Agar sistematis dan detail, penulis menyajikan teks menggunakan bantuan. Biasanya menggunakan poin-poin atau penomoran yang disampaikan oleh penulis sebagai suatu langkah (tahapan) untuk sebuah tujuan.

 

Kalaupun tidak, setiap paragraf berisi sebuah tahapan/langkah, secara runtut dari paragraf pertama sampai terakhir. Agar lebih jelas, tahap awalnya apa, tahap selanjutnya bagaimana dan seterusnya.

 

  1. Ditulis dengan pola perintah serta kalimat saran dan larangan

Ciri selanjutnya adalah penulisan berbentuk kalimat perintah, saran serta larangan. Kalimat perintah ditulis untuk memperjelas pembacanya, agar melakukan tahap yang wajib. Contohnya: “Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan dan aduk rata”.

 

Kemudian, kalimat saran lebih untuk membantu para pembaca agar bisa melakukan tahapan dengan baik dan benar. Contohnya: “Kamu bisa mengganti minyak goreng dengan mentega/margarin”.

 

Sedangkan kalimat larangan biasanya bertujuan agar para pembaca menghindari kesalahan atau mengurangi resiko kegagalan. Contohnya: “Jangan buka pintu oven sebelum 30 menit”.

 

  1. Menggunakan kata penghubung

Teks prosedur dilengkapi kata penghubung. Penghubung tujuan: untuk, agar. Penghubung urutan: pertama, kedua. Penghubung waktu: selanjutnya, sebelumnya, kemudian, lalu.

 

  1. Menggunakan kata keterangan

Keterangan alat, tujuan, syarat. Selain itu juga, keterangan akibat, misalnya “rebus hingga lunak”, atau keterangan cara, contohnya “ikat setiap ujung kemasan dengan rapat”.

 

Fungsi dan tujuan teks prosedur

Teks prosedur bertujuan untuk membuat suatu hal menjadi sesuai dengan urutan yang telah ditentukan. Teks prosedur ditulis sebagai sarana untuk menjelaskan kepada pembaca, langkah-langkah yang harus dilakukan secara urut, untuk mencapai suatu hasil akhir (tujuan).