Kronologi adalah ilmu bantu sejarah yang bertujuan

Kronologi adalah ilmu bantu sejarah yang bertujuan

Kronologi adalah ilmu bantu sejarah yang bertujuan

A. Mencari data data yang pasti tentang kapan peristiwa itu terjadi

B. Membuat urutan waktu dari peristiwa yang telah terjadi

C. Menyusun bukti bukti yang kuat dari peristiwa masa lalu

D. Menyusun urutan kejadian yang dimulai dengan peristiwa yang kompleks

E. Menentukan dan memilih kejadian kejadian yang penting

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

 

Daftar Isi

Jawaban

Kronologi adalah ilmu bantu sejarah yang bertugas untuk Membuat urutan waktu dari peristiwa yang telah terjadi (Jawaban B)

 

Pembahasan

Kronologi berasal dari kata dalam bahasa Yunani, yaitu “chronos” yang berarti “waktu”, dan “logos” yang berarti “Ilmu”, sehingga secara harfiah kronologi berarti “ilmu tentang waktu”.

 

Dalam ruang lingkup sejarah, kronologi adalah penentuan urutan waktu suatu kejadian di masa lampau. Kronologi atau chronology digunakan sebagai sistem penanggalan dalam sejarah. Hal ini dilakukan untuk mengurutkan waktu, sehingga sejarah dapat lebih mudah dipelajari dan dipahami. Rangkaian peristiwa tersebut nantinya akan menjadi satu kesatuan utuh.

 

Pada pembelajaran sejarah, ada tiga istilah terkait dengan waktu ini yang perlu kamu pahami. Ketiganya adalah kronologi, kronik, dan sinkronik. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kronologi adalah urutan waktu dari sejumlah kejadian atau peristiwa.

 

Peristiwa sejarah pasti memiliki waktu kejadiannya, dan akan berlangsung sesuai dengan urutan waktu (secara kronologis). Tugas sejarawan adalah mengurutkan peristiwa ini dalam bentuk kronologi. Dengan adanya kronologi ini peristiwa-peristiwa sejarah tidak tercatat secara melompat-lompat urutan waktunya, atau bahkan berbalik urutan waktunya (anakronis).

 

Dengan peristiwa-peristiwa sejarah yang terurut ini, sejarawan dapan melakukan penggolongan peristiwa sejarah berdasarkan masa atau periodenya, dalam proses yang disebut dengan periodisasi.

 

Contoh dari penyusunan kronologi adalah penyusunan masa pemerintahan presiden, perdana menteri dan kabinet-kabinet dalam sejarah pemerintahan Indonesia. Dengan mengurutkan masa pemerintahan masing-masing berdasarkan tahun menjabatnya, kita bisa menyusun suatu kronologi sejarah politik Indonesia.

 

Dengan kronologi ini, kemudian kita bisa melakukan periodisasi kabinet-kabinet dan presiden yang menjabat ini berdasarkan periodenya dalam sejarah Indonesia, misalnya kabinet mana yang masuk ke dalam masa Demokrasi Liberal, Demokrasi Terpimpin, Orde Baru hingga masa Reformasi.