Sejarah memiliki hubungan yang erat dengan kehidupan manusia karena

Sejarah memiliki hubungan yang erat dengan kehidupan manusia karena

Sejarah memiliki hubungan yang erat dengan kehidupan manusia karena

A. Kehidupan manusia dibentuk oleh sejarah

B. Manusia yg menciptakan sejarah

C. Manusia mempengaruhi gerak sejarah

D. Sejarah menceritakan kisah hidup manusia

E. Sejarah merupakan kenangan masa lalu manusia

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Daftar Isi

Jawaban

Sejarah memiliki hubungan yang erat dengan kehidupan manusia karena Sejarah menceritakan kisah hidup manusia (jawaban D).

 

Pembahasan

Sejarah adalah peristiwa pada masa lampau yang dipelajari untuk dijadikan acuan sekaligus pedoman pada masa yang akan datang.

 

Pemahaman tentang sejarah itu sendiri tentunya dipengaruhi oleh beberapa unsur penting di dalamnya, termasuk unsur manusianya.

 

Sejarah memiliki hubungan yang erat dengan kehidupan manusia karena manusia dianggap sebagai penggerak, pelaku, dan saksi sejarah.

 

Selain itu, sejarah juga menceritakan tentang kehidupan manusia sehingga akan selalu berkaitan dengan peristiwa sejarah itu sendiri.

 

Menurut beberapa ahli, manusia berasal dari bahasa Sanskerta, manu dan mens, yang berarti makhluk berpikir, berakal, atau berakal.

 

Jika tidak ada manusia, belum tentu peristiwa sejarah dapat terjadi. Manusia dan sejarah adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan.

 

Sejarah tanpa manusia dapat dikatakan imajiner, karena keduanya merupakan satu kesatuan sebagai subjek dan objek sejarah. Artinya, manusia adalah aktor utama yang menyebabkan terjadinya suatu peristiwa sejarah.

 

Setiap hal dan tindakan yang dilakukan dapat dijadikan sebagai penentu terbentuknya suatu sejarah dalam ruang dan waktu tertentu.

Baca Juga:  Berikut ini merupakan pengaruh agama dan kebudayaan hindu-budha di indonesia, kecuali

Check Also

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah timur mengitari pantai barat Afrika.

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi penjelajahan samudera diawali …