Menjadi jalur perdagangan merupakan dampak positif negara maritim di bidang

Menjadi jalur perdagangan merupakan dampak positif negara maritim di bidang

Kunci jawaban soal Menjadi jalur perdagangan merupakan dampak positif negara maritim di bidang

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Menjadi jalur perdagangan merupakan dampak positif negara maritim di bidang ekonomi.

 

Pembahasan

Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Oleh karena itu Indonesia juga dikenal sebagai negara maritim.

 

Letak geografis Indonesia yang diapit oleh dua benua (Asia dan Australia) dan diapit oleh dua samudra (Hindia dan Pasifik), membuat Indonesia dikenal sebagai negara poros maritim dunia. Letak Indonesia menghubungkan Eropa, Timur Tengah, Asia Selatan (India) dan Asia Timur (Jepang dan China) melalui perairan Indonesia.

 

Dengan letak yang strategis tersebut, banyak kapal dagang yang melintas di perairan Indonesia, khususnya di Selat Malaka. Sebagai negara maritim yang memiliki wilayah laut yang luas, Indonesia perlu mengembangkan jalur transportasi laut sebagai sarana perdagangan dan penghubung yang paling efektif dan efisien untuk menyatukan wilayahnya.

 

Dampak Positif dan Dampak Negatif Letak Indonesia yang Strategis sebagai Jalur Perdagangan Dunia

Berikut dampak positif dan negatif dari letak Indonesia sebagai jalur perdagangan dunia;

 

Dampak positif

  1. Letaknya yang strategis memudahkan Indonesia untuk berdagang dengan negara lain. Produk Indonesia mudah dipasarkan dan juga mudah bagi Indonesia untuk mengimpor barang dari berbagai negara lain.
  2. Letak Indonesia yang diapit oleh dua samudra yaitu Hindia dan Pasifik menjadikan Indonesia sebagai pertemuan arus yang banyak membawa mikroorganisme plankton sebagai pakan ikan yang mendukung kegiatan penangkapan ikan. Laut menyimpan sumber daya alam yang melimpah seperti ikan, kerang laut, dan mineral seperti minyak bumi.
  3. Sebagai poros maritim dunia, Indonesia dapat memanfaatkan daerah transit kapal dagang internasional yang melewati Indonesia sebagai penyuplai devisa negara
  4. Letaknya yang strategis dan terdiri dari banyak pulau menjadikan Indonesia kaya akan keanekaragaman flora, fauna, budaya, suku dan etnis sebagai modal pengembangan potensi wisata.
Baca Juga  Jika terjadi kebangkrutan bank bagaimana cara bank indonesia dan bpk dalam pengawasan bank tersebut!

 

Dampak negatif

  1. Pengawasan wilayah yang sulit. Indonesia merupakan negara kepulauan, banyaknya pulau di Indonesia menyulitkan pemerintah untuk mengawasi wilayah teritorial.
  2. Bencana alam sering terjadi. Indonesia berada pada jalur patahan lempeng kerak dunia, pergerakan lempeng tersebut dapat mengakibatkan gempa bumi. Selain itu, munculnya banyak gunung api juga dapat menjadi potensi bencana alam.
  3. Sulitnya kontrol keamanan dan banyaknya pintu masuk ilegal membuat Indonesia rawan penyelundupan dan kejahatan. Sebagian besar wilayah Indonesia adalah lautan, sehingga pengawasan keamanan terhadap penyusup yang mencuri ikan dan pasir akan sulit dilacak. Selain itu, Indonesia yang berada di jalur lalu lintas dunia juga dapat mengakibatkan mudahnya penyelundupan narkoba ke Indonesia.
  4. Timbulnya berbagai penyakit. Letak Indonesia yang berada di garis khatulistiwa menyebabkan debu dari seluruh dunia berkumpul di garis khatulistiwa sehingga memicu berbagai penyakit.
  5. Peredaran musim hujan dan kemarau menyebabkan sebagian daerah mengering sedangkan sebagian lainnya tergenang air.