Perdagangan luar negeri juga mendorong tiap negara untuk melakukan

Perdagangan luar negeri juga mendorong tiap negara untuk melakukan

Perdagangan luar negeri juga mendorong tiap negara untuk melakukan

A. Spesialisasi

B. Kolusi

C. Korupsi

D. Regulasi

E. Kecurangan

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Kunci Jawaban

Perdagangan luar negeri juga mendorong tiap negara untuk melakukan Spesialisasi (jawaban A)

 

Pembahasan

Pengertian Spesialisasi

Spesialisasi adalah suatu bentuk pembagian tenaga kerja antara individu maupun perusahaan memusatkan usaha-usaha produktifnya, selain itu tingkat tinggi spesialisasi di dalam masyarakat dapat membuat standar hidup yang semakin tinggi dan persediaan barang dan jasa lebih banyak. Maka dari itu pentingnya perdagangan dapat dilihat dari luasnya spesialisasi dalam masyarakat.

 

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Beberapa hal yang mendorong perdagangan internasional adalah :

  1. Perbedaan Sumber Daya Alam

Setiap negara memiliki sumber daya alam yang berbeda. Indonesia memiliki banyak sumber daya alam, termasuk kayu, minyak bumi, batu bara, timah dan karet, namun belum memiliki kapasitas yang memadai untuk mengolahnya. Hal ini mendorong Indonesia mengekspor raw material/bahan baku ke negara lain untuk diolah.

 

  1. Penghematan biaya produksi

Bagi negara yang belum memiliki pengetahuan dan teknologi untuk membuat produknya sendiri seperti mobil dan handphone, biaya pembuatannya akan jauh lebih mahal dibandingkan jika negara tersebut membelinya dari negara lain. Oleh karena itu membeli produk seperti mobil dan handphone dari negara pembuatnya dapat menghemat biaya produksi.

 

  1. Pemenuhan kebutuhan nasional

Ada kalanya suatu negara tidak mampu memenuhi semua barang dan jasa yang menjadi kebutuhan penduduknya, sehingga untuk memenuhinya suatu negara perlu mengimpor barang dan jasa tersebut dari luar negeri. Dengan demikian kebutuhan produk dapat terpenuhi.

Check Also

Pengujian produk mempunyai beberapa kegunaan. Berikut ini yang bukan termasuk kegunaan dari pengujian produk, adalah Mendapat pasar konsumen

Pengujian produk mempunyai beberapa kegunaan. Berikut ini yang bukan termasuk kegunaan dari pengujian produk, adalah

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu pengujian …