Mengapa hubungan antara kupu-kupu dan bunga dikatakan sebagai simbiosis mutualisme

Mengapa hubungan antara kupu-kupu dan bunga dikatakan sebagai simbiosis mutualisme

Kunci jawaban soal mengapa hubungan antara kupu-kupu dan bunga dikatakan sebagai simbiosis mutualisme

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Hubungan antara kupu-kupu dan bunga dikatakan sebagai simbiosis mutualisme karena masing-masing kedua makhluk hidup mendapatkan keuntungan. Kupu-kupu mendapat nektar yang dihasilkan oleh bunga, sedangkan bunga mendapatkan bantuan penyerbukan dari kupu-kupu.

 

Pembahasan

Secara garis besar, ada tiga jenis simbiosis yang sering dijumpai dalam kehidupan. Ketiga simbiosis tersebut adalah simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan juga simbiosis parasitisme. Penasaran seperti apa penjelasan dari ketiganya?

 

Macam-Macam Simbiosis dan Contohnya

  1. Simbiosis mutualisme

Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua organisme yang berbeda jenis tetapi saling menguntungkan satu sama lain. Hubungan ini sangat positif karena kedua belah pihak sama-sama diuntungkan.

 

Misalnya, kupu-kupu dan bunga. Kupu-kupu menghisap nektar yang terdapat pada bunga, sedangkan timbal baliknya adalah bunga mendapat bantuan dari pergerakan kupu-kupu untuk penyerbukan.

 

Contoh lain dari simbiosis mutualisme adalah manusia dan bakteri. Dengan adanya bakteri E. Coli, manusia terbantu untuk dapat menekan pertumbuhan bakteri jahat dan mempercepat proses pembusukan pada usus besar. Sedangkan keuntungan yang didapat oleh bakteri E. Coli adalah mendapatkan makanan dari sisa-sisa pembuangan di usus besar.

 

  1. Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme adalah interaksi antara dua makhluk hidup yang menguntungkan salah satu organisme, sedangkan organisme lain tidak dirugikan dan tidak diuntungkan (netral).

 

Simbiosis komensalisme misalnya terjadi pada ikan remora dan hiu. Setelah hiu makan, biasanya sisa makanan akan berjatuhan. Saat sisa makanan berjatuhan, ikan remora akan menempel dengan hiu untuk mengambil sisa makanan dari hiu. Hiu tidak dirugikan atau diuntungkan.

Baca Juga  Dampak apakah yang ditimbulkan dari penggunaan ac dan lemari es

 

Selain ikan remora dan hiu, contoh simbiosis komensalisme lainnya adalah anggrek dan pohon mangga. Dalam interaksi antara anggrek dengan pohon mangga, anggrek diuntungkan karena memiliki tempat tumbuh, mendapat sinar matahari, air dan zat untuk melakukan proses fotosintesis, dengan cara menempel pada pohon mangga. Sedangkan pohon mangga sama sekali tidak dirugikan.

 

  1. Simbiosis parasitisme

Simbiosis yang terakhir cukup dibenci. Pasalnya, simbiosis parasitisme merupakan kebalikan dari simbiosis mutualisme. Simbiosis parasitisme adalah suatu kondisi ketergantungan yang terjadi ketika salah satu pihak diuntungkan tetapi merugikan pihak lain.

 

Contoh hubungan parasitisme yang bersimbiosis terjadi pada nyamuk dan manusia. Nyamuk diuntungkan dengan menghisap darah manusia, sedangkan manusia dirugikan karena dapat terjangkit penyakit berbahaya.

 

Selain nyamuk dan manusia, simbiosis parasitisme juga terjadi pada lalat dan buah. Lalat mendapatkan makanan dari buah dan dapat berkembang biak di buah. Buah yang terbang ke tanah kehilangan uang karena akan membusuk.