Apa yang kamu ketahui tentang kegiatan senam

Apa yang kamu ketahui tentang kegiatan senam

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal apa yang kamu ketahui tentang kegiatan senam?

 

Untuk lebih jelasnya bisa kamu simak pembahasannya berikut ini

 

Soal

Apa yang kamu ketahui tentang kegiatan senam?

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Kegiatan senam adalah satu di antara cabang olahraga yang melibatkan beberapa gerakan tubuh serta membutuhkan kecepatan, kekuatan, dan keserasian gerakan fisik.

 

Senam dapat membantu seseorang untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan, serta menanamkan nilai mental spiritual kepada individu yang melakukannya.

 

Pembahasan

Macam-macam Senam

  1. Senam Artistik

Senam artistik merupakan salah satu jenis senam yang umum dalam perlombaan. Jenis gerakan senam ini tersusun dari masing-masing alat dan telah ditentukan sesuai dengan perlombaan yang berlaku.

 

Contoh senam artistik antara lain senam lantai, kuda tunggangan, palang sejajar, palang tunggal, palang bertingkat, dan lain-lain.

 

  1. Senam Ritmik Sportif

Senam ritmik sportif adalah salah satu jenis senam yang berasal dari perkembangan senam ritmik yang diiringi dengan irama musik yang menghasilkan gerak dan alat tubuh yang indah.

 

  1. Senam Akrobatik

Senam akrobatik adalah jenis senam yang mengontrol gerakan akrobatik, sehingga latihannya sering melibatkan jungkir balik sementara pesenam harus mendarat di tangan dan bahu pasangannya.

 

  1. Senam Aerobik

Senam aerobik merupakan salah satu jenis senam yang berawal dari pengembangan senam aerobik berupa tarian atau senam tertentu, kemudian dipadukan dengan akrobatik yang sulit.

 

  1. Senam trampolin

Senam trampolin merupakan jenis senam yang berasal dari pengembangan senam yang dilakukan di atas trampolin. Senam jenis ini awalnya dilakukan untuk membantu seseorang melakukan gerakan melingkar akrobatik di udara yang indah.

Baca Juga:  Bentuk gerakan lengan saat melakukan lay-up shoot bola basket adalah

 

Karena pelatihannya menarik sehingga dijadikan salah satu cabang olahraga yang dilombakan.

 

  1. Senam Umum

Senam umum adalah jenis senam selain kelima senam di atas. Contohnya adalah senam aerobik, senam pagi, senam kebugaran jasmani, dan lain-lain.

Check Also

Untuk menghindari pukulan lawan maka gerakan yang harus dilakukan adalah Mengelak

Untuk menghindari pukulan lawan maka gerakan yang harus dilakukan adalah

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal untuk menghindari pukulan lawan maka gerakan …