Jelaskan unsur-unsur apa saja yang harus dimiliki oleh pesenam atau siswa agar dapat melakukan rangkaian senam lantai dengan baik

Jelaskan unsur-unsur apa saja yang harus dimiliki oleh pesenam atau siswa agar dapat melakukan rangkaian senam lantai dengan baik

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal jelaskan unsur-unsur apa saja yang harus dimiliki oleh pesenam atau siswa agar dapat melakukan rangkaian senam lantai dengan baik

 

Untuk mengetahui pembahasannya dan jawabannya bisa kamu simak artikel di bawah ini

 

Soal

Jelaskan unsur-unsur apa saja yang harus dimiliki oleh pesenam atau siswa agar dapat melakukan rangkaian senam lantai dengan baik

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Unsur-unsur apa saja yang harus dimiliki oleh pesenam atau siswa agar dapat melakukan rangkaian senam lantai dengan baik yaitu unsur keindahan, unsur kekuatan, unsur keberanian, unsur kelenturan, unsur keluwesan, unsur keseimbangan.

 

Pembahasan

Unsur-unsur Senam Lantai

  1. Unsur Keindahan

Kecantikan ditumbuhkan dengan membuat berbagai variasi gerakan yang digunakan dari disiplin tari dan akrobatik. Misalnya dengan berbagai gestur dalam tari balet dan gerakan-gerakan kecil yang mengandung unsur tari.

 

  1. Unsur Kekuatan

Kekuatan merupakan unsur terpenting dalam senam lantai. Hal ini dikarenakan beberapa gerakan ekstrim hanya dapat dilakukan jika atlit berkeinginan dan juga memperlebar jangkauan energi tubuhnya melalui latihan dasar senam lantai.

 

  1. Unsur Keberanian

Senam lantai dan senam artistik lainnya membutuhkan keberanian tersendiri untuk melakukannya. Dalam olahraga ini atlet dituntut untuk dapat mengatasi rasa takutnya sendiri.

 

Dengan begitu, ia mampu dan berani melakukan gerakan ekstrim serta tetap dapat menjaga keseimbangan, kelenturan, dan keindahan gerakannya.

 

  1. Unsur Kelenturan

Tubuh yang lentur memiliki kelenturan yang tinggi untuk melakukan berbagai jenis gerakan yang sulit, misalnya kayak, jungkir balik, jungkir balik, berguling, dan sebagainya.

Baca Juga:  Akhir gerakan kaki yang benar setelah mengumpan atau menendang bola dengan kaki bagian luar adalah

 

Fleksibilitas juga penting untuk menciptakan gerakan yang estetis.

 

  1. Unsur Keluwesan

Kelentukan gerak pada saat melakukan performance tubuh akan menunjukkan kegigihan dan kedalaman latihan yang telah dilakukan oleh atlet tersebut.

 

Sebelum tampil, penting bagi atlet untuk mengulangi gerakan-gerakan tersebut agar pada saat melakukannya selanjutnya tidak merasa canggung dan bingung.

 

  1. Unsur Keseimbangan

Tanpa keseimbangan yang baik, mustahil bagi seorang atlet untuk tampil maksimal. Jika keseimbangan atlet tidak dapat diatur dengan baik, bukan tidak mungkin ia akan jatuh dan cedera dapat terjadi

Check Also

Untuk menghindari pukulan lawan maka gerakan yang harus dilakukan adalah Mengelak

Untuk menghindari pukulan lawan maka gerakan yang harus dilakukan adalah

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal untuk menghindari pukulan lawan maka gerakan …