Gerak nonlokomotor yang terdapat pada gerakan rebound adalah

Gerak nonlokomotor yang terdapat pada gerakan rebound adalah

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang mata pelajaran PJOK dengan soal yaitu gerak nonlokomotor yang terdapat pada gerakan rebound adalah

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Soal

Gerak nonlokomotor yang terdapat pada gerakan rebound adalah

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Gerak nonlokomotor yang terdapat pada gerakan rebound adalah mengangkat tangan, menolehkan kepala.

 

Pembahasan

Pengertian Rebound dalam Bola Basket

Rebound dalam permainan bola basket merujuk pada aksi menangkap kembali bola yang dipantulkan dari ring setelah tembakan pemain yang gagal mencetak poin. Saat bola melambung dari ring, pemain dari kedua tim akan berusaha merebutnya untuk mendapatkan kembali kontrol atas bola dan melanjutkan serangan atau menciptakan peluang baru.

 

Pengertian Gerak non-lokomotor

Gerak non-lokomotor adalah jenis gerakan yang dilakukan tanpa perpindahan tempat, artinya tubuh tetap berada di satu posisi.

 

Gerakan ini berfokus pada ekspresi tubuh dan memungkinkan individu untuk mengekspresikan emosi, kreativitas, dan cerita melalui gerakan fisik yang unik.

 

Contoh gerak non-lokomotor meliputi gerakan kepala, tangan, lengan, dan bagian tubuh lainnya tanpa berpindah dari tempatnya. Gerakan ini dapat dilakukan dengan berbagai intensitas, kecepatan, dan ritme untuk menciptakan beragam ekspresi.

 

Jenis Gerak Non-Lokomotor

  1. Gerak Tangan

Gerakan tangan adalah salah satu bentuk gerak non-lokomotor yang paling umum. Ini melibatkan penggunaan tangan untuk mengungkapkan emosi, cerita, atau pesan tertentu. Contoh gerakan tangan termasuk mengibaskan tangan, merentangkan jari-jari, atau membentuk pola dengan jari-jari.

Baca Juga:  Di bawah ini yang tidak termasuk teknik dalam lari jarak pendek adalah

 

  1. Gerak Kepala

Gerakan kepala dapat mengekspresikan berbagai perasaan dan pesan. Pernyataan seperti mengangguk atau menggelengkan kepala dapat digunakan untuk mengkomunikasikan setuju atau tidak setuju. Gerakan kepala juga dapat menjadi bagian penting dari tarian atau pertunjukan seni.

 

  1. Gerak Lengan

Gerakan lengan melibatkan penggunaan lengan untuk menciptakan bentuk dan pola yang unik. Gerakan ini sering digunakan dalam seni tari, seni bela diri, dan pertunjukan lainnya. Kombinasi gerakan lengan dapat menghasilkan rangkaian gerakan yang indah dan harmonis.

 

  1. Gerak Tubuh

Gerakan tubuh mencakup berbagai gerakan ekspresif yang dilakukan dengan bagian tubuh lainnya, seperti bahu, pinggul, atau dada. Gerakan tubuh memainkan peran penting dalam menunjukkan ekspresi emosi dan mendalamkan pesan yang ingin disampaikan.

Check Also

Gerakan senam lantai berikut dapat dilakukan di atas peti lompat kecuali Radslag, Guling depan

Gerakan senam lantai berikut dapat dilakukan di atas peti lompat kecuali

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi gerakan senam lantai …