Unsur manajemen terpenting dalam mencapai tujuan perusahaan yaitu manusia

Unsur manajemen terpenting dalam mencapai tujuan perusahaan yaitu

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal unsur manajemen terpenting dalam mencapai tujuan perusahaan yaitu

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Unsur manajemen terpenting dalam mencapai tujuan perusahaan yaitu

A. Manusia

B. Uang

C. Bahan

D. Mesin

E. Metode

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Unsur manajemen terpenting dalam mencapai tujuan perusahaan yaitu manusia (jawaban A)

 

Pembahasan

Unsur manajemen

Unsur-unsur manajemen yang penting untuk dilakukan dalam perusahaan terdiri dari 6 aspek atau dikenal dengan 6M yaitu:

 

  1. Man (Manusia)

Manusia merupakan komponen yang sangat penting, terutama dalam pengembangan perusahaan. Setiap perusahaan pasti membutuhkan sumber daya manusia yang unggul untuk mencapai tujuannya.

 

Manajemen dalam bidang manusia mencakup segala hal yang dapat membuat kemajuan usaha.

 

Menurut Encyclopedia Britannica, manusia dibutuhkan untuk melakukan operasi agar mereka memiliki peran penting. Setiap orang juga memiliki sifat dan kepribadian yang berbeda, sehingga pengelolaan ini sangat penting untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

 

Dengan manajemen manusia maka SDM yang ada dapat mengarahkan ide-idenya dengan baik sehingga perusahaan menjadi lebih maju.

 

Selain itu pengaturan manusia dalam lingkungan kerja dapat menghasilkan tempat yang nyaman dan bermanfaat karena setiap orang memiliki tugasnya masing-masing.

 

  1. Money (Uang)

Uang itu penting dan harus dikelola. Uang merupakan unsur yang menjadi dasar dari setiap kegiatan yang dilakukan. Oleh karena itu, pengaturannya harus dilakukan dengan baik agar dapat menghasilkan belanja yang efektif dan efisien.

Baca Juga:  Dalam pembangunan ekonomi faktor yang paling menentukan ialah

 

  1. Material (Bahan)

Artikel ini merupakan komponen penunjang kegiatan. Pemilihan bahan atau bahan juga harus diperhatikan dengan bijak agar tidak ada bahan atau bahan yang tertinggal.

 

Selain itu, manajemen bahan diperlukan agar dapat memilih bahan yang cocok dan berkualitas dengan harga yang wajar. Pilihlah bahan dari supplier atau pemasok yang sudah memiliki reputasi baik agar nantinya bahan tersebut juga bisa menghasilkan produk yang baik.

 

Selain itu, rencanakan inventarisasi material yang dibutuhkan serta catatan keuangan jumlah modal yang dikeluarkan untuk memperoleh material tersebut.

 

  1. Machine (mesin)

Mesin adalah alat yang digunakan dalam produksi. Mesin-mesin tersebut biasanya berupa peralatan atau sistem teknologi yang mendukung produksi barang.

 

Manajemen mesin diperlukan untuk memilih alat yang efisien untuk produksi, dapat digunakan dalam waktu yang lama, dan memiliki harga yang ekonomis. Jangan lupa bahwa setiap mesin membutuhkan perawatan untuk bertahan lama.

 

Oleh karena itu, atur juga parameter pengoperasian mesin agar SDM yang Anda gunakan dapat bekerja dengan baik dan tidak asal-asalan. Pengelolaan mesin dalam hal masa perawatan juga harus dilakukan secara rutin.

 

  1. Method (Metode)

Metode juga penting dan krusial untuk menjadi dasar dalam menciptakan bisnis. Adanya metode ini berguna untuk memastikan aktivitas manusia sesuai dengan prosedur standar di tempat kerja.

 

Membuat metode yang komprehensif, efisien dan mudah dipahami sehingga pekerjaan yang akan dilakukan menjadi lebih mudah.

 

Salah satu contohnya adalah membuat peraturan tentang jam istirahat karyawan yang berguna untuk menyegarkan pikiran agar bisa bekerja lebih baik setelahnya.

 

  1. Market (Pasar)

Komponen terakhir adalah pasar yang meliputi strategi, pengendalian dan perencanaan yang berkaitan dengan pemasaran atau promosi. Memiliki teknik pemasaran yang baik akan membantu dalam meningkatkan jumlah penjualan barang atau jasa.

Baca Juga:  Faktor yang mendorong lahirnya organisasi perdagangan bebas berikut yang paling tepat adalah

 

Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan pemasaran yang efektif agar konsumen dapat tertarik. Merencanakan strategi yang dapat menjangkau konsumen secara luas namun tidak membutuhkan belanja modal yang besar.

 

Agar tepat saat menjual produk, ketahui terlebih dahulu apa manfaat produk tersebut, produk tersebut dibuat untuk siapa, dan produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Check Also

Pengujian produk mempunyai beberapa kegunaan. Berikut ini yang bukan termasuk kegunaan dari pengujian produk, adalah Mendapat pasar konsumen

Pengujian produk mempunyai beberapa kegunaan. Berikut ini yang bukan termasuk kegunaan dari pengujian produk, adalah

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu pengujian …