Berikut ini yang tidak termasuk faktor pendukung dalam pembangunan ekonomi adalah struktur ekonomi agraris

Berikut ini yang tidak termasuk faktor pendukung dalam pembangunan ekonomi adalah

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal berikut ini yang tidak termasuk faktor pendukung dalam pembangunan ekonomi adalah

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Berikut ini yang tidak termasuk faktor pendukung dalam pembangunan ekonomi adalah

A. kemajuan IPTEK

B. sistem sosial dan sikap masyarakat

C. modal

D. struktur ekonomi agraris

E. kekayaan alam yang melimpah

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Berikut ini yang tidak termasuk faktor pendukung dalam pembangunan ekonomi adalah struktur ekonomi agraris (jawaban D)

 

Pembahasan

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi

Pengertian pertumbuhan ekonomi Dikutip dari Investopedia, pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan produksi barang dan jasa ekonomi dari satu periode ke periode lainnya. Pertumbuhan ekonomi dapat diukur secara nominal atau riil (disesuaikan dengan inflasi).

 

Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi

Faktor-faktor utama yang mempengaruhi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi adalah sebagai berikut:

 

  1. Sumber Daya Alam (SDA)

Faktor utama yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi adalah sumber daya alam. Yaitu sesuatu yang berasal dari alam, meliputi kesuburan tanah, letak dan komposisinya, kekayaan alam, mineral, iklim, sumber air, hingga sumber laut.

 

Bagi pertumbuhan ekonomi, ketersediaan sumber daya alam yang melimpah sangat baik dalam mendukung pembangunan. Sebagian besar negara berkembang mengandalkan sumber daya alam dalam menjalankan proses pembangunan dan pertumbuhan ekonomi.

 

Namun, sumber daya alam saja tidak menjamin keberhasilan proses pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Apalagi jika tidak didukung oleh kemampuan sumber daya manusianya dalam mengelola sumber daya alam yang tersedia.

Baca Juga:  Pasar bebas yang diterapkan di kawasan asia tenggara disebut dengan

 

  1. Sumber Daya Manusia (SDM)

Kedua, faktor utama yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi adalah sumber daya manusia. Sumber daya manusia (SDM) merupakan individu produktif yang berperan sebagai penggerak suatu organisasi, baik di dalam perusahaan maupun institusi.

 

SDM berperan sebagai elemen utama organisasi dibandingkan dengan elemen lain seperti teknologi dan modal. Karena manusialah yang kemudian akan mengendalikan faktor-faktor lain tersebut. SDM merupakan faktor terpenting dalam proses pembangunan dan pertumbuhan ekonomi.

 

Kecepatan proses pembangunan tergantung pada sejauh mana sumber daya manusia sebagai subjek pembangunan memiliki kompetensi yang memadai untuk melakukan proses pertumbuhan ekonomi.

 

  1. Akumulasi Modal

Selanjutnya, faktor utama yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi adalah akumulasi modal. Akumulasi modal sebagai proses penambahan stok modal fisik buatan manusia dalam bentuk peralatan, mesin, dan bangunan.

 

Apabila persediaan modal bertambah dalam waktu tertentu, disebut juga dengan akumulasi modal atau pembentukan modal. Modal dibutuhkan oleh manusia untuk mengolah sumber daya alam dan meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

Modal berupa barang modal sangat penting bagi perkembangan dan kelancaran pembangunan ekonomi karena barang modal juga dapat meningkatkan produktivitas.

 

  1. Tenaga Manajerial Dan Organisasi Produksi

Kemudian, faktor utama yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi adalah organisasi produksi dan staf manajerial.

 

Organisasi produksi sebagai bagian penting dari proses pertumbuhan ekonomi sangat erat kaitannya dengan penggunaan faktor-faktor produksi dalam berbagai kegiatan ekonomi. Organisasi produksi juga dilakukan dan diatur oleh personel manajerial dalam berbagai kegiatan sehari-hari.

 

  1. Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi

Selain itu, faktor utama yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi adalah ilmu pengetahuan dan teknologi. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mempercepat proses pembangunan.

Baca Juga:  Sebutkan untuk negara yang dapat mencukupi kebutuhan barang serta mengekspor barang disebut dengan

 

Perubahan pola kerja yang semula menggunakan tangan manusia digantikan oleh mesin-mesin canggih yang berdampak pada aspek efisiensi, kualitas dan kuantitas.

 

Serangkaian kegiatan pembangunan ekonomi dilakukan dan pada akhirnya menghasilkan percepatan laju pertumbuhan ekonomi.

 

  1. Faktor Politik Dan Administrasi Pemerintahan

Dari segi non ekonomi, faktor utama yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi adalah struktur politik dan administrasi pemerintahan. Struktur politik dan administrasi yang lemah merupakan hambatan utama bagi pembangunan ekonomi di negara-negara berkembang.

 

Politik yang tidak stabil dan pemerintahan yang lemah dan korup sangat menghambat kemajuan ekonomi.

 

  1. Aspek Sosial Budaya

Selanjutnya, faktor utama yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi adalah aspek sosial budaya dalam kehidupan masyarakat. Ini termasuk sikap, perilaku, pandangan masyarakat, motivasi kerja, atau lembaga masyarakat.

 

Pendidikan dan budaya Barat membawa arah penalaran dan skeptisisme, menanamkan semangat baru dan memunculkan kelas pedagang baru.

Check Also

Pengujian produk mempunyai beberapa kegunaan. Berikut ini yang bukan termasuk kegunaan dari pengujian produk, adalah Mendapat pasar konsumen

Pengujian produk mempunyai beberapa kegunaan. Berikut ini yang bukan termasuk kegunaan dari pengujian produk, adalah

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu pengujian …