Organ sistem pernapasan manusia terdalam

Organ sistem pernapasan manusia terdalam

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal organ sistem pernapasan manusia terdalam

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Organ sistem pernapasan manusia terdalam

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Organ sistem pernapasan manusia terdalam adalah paru-paru.

 

Pembahasan

Struktur Alat-alat pernapasan

Alat-alat pernapasan pada manusia meliputi :

  1. Hidung,
  2. Saluran pernapasan (faring, laring, trakea, bronkhus, bronkeolus, alveolus)
  3. Paru-paru

 

  1. hidung

Hidung adalah organ pertama yang dilalui udara. Di dalam rongga hidung terdapat kapiler dan selaput lendir yang berfungsi sebagai filter, pemanas, dan pengatur kelembapan

 

  1. Saluran pernapasan:

  • Faring

Faring (tenggorokan) adalah titik pertemuan antara kerongkongan dan tenggorokan. Ada katup yang disebut epiglotis (faring anak-anak) yang berfungsi sebagai pengatur jalan masuk ke kerongkongan dan tenggorokan.

 

  • Laring

Laring adalah pangkal tenggorokan, dan terdiri dari potongan tulang rawan untuk membentuk jakun. Terdapat celah pada trakea (batang tenggorokan) yang disebut epiglottis, dimana letak pita suara dan banyak otot yang mengatur ketegangan pita suara sehingga timbul bunyi.

 

  • Trakea (batang tenggorokan)

Berbentuk tabung, dindingnya terdiri dari 3 lapisan, yaitu lapisan luar terdiri dari jaringan ikat, lapisan tengah terdiri dari otot polos dan cincin tulang rawan, dan lapisan dalam terdiri dari jaringan epitel. Itu terletak di bagian depan leher kerongkongan

 

  • Bronkhus

Ini adalah cabang dari trakea yang mengarah ke paru-paru kiri dan kanan. Struktur bronkus sama dengan trakea, hanya dindingnya yang lebih halus. Posisi trakea kiri lebih rata dibandingkan trakea kanan, sehingga trakea kanan lebih rentan terhadap penyakit.

Baca Juga:  Susunan kromosom yang dimiliki oleh sel tubuh manusia adalah

 

  • Bronkhiolus

Bronkiolus adalah cabang dari bronkus, dan saluran ini lebih halus dan dindingnya lebih tipis. Bronkiolus kiri ada 2, sedangkan yang kanan 3, percabangan ini akan membentuk cabang yang lebih halus seperti pembuluh.

 

  • Alveolus

Berupa saluran tersumbat yang membentuk gelembung udara, dindingnya tipis seperti lapisan sel, lembab dan dihubungkan oleh kapiler.

Alveoli berfungsi sebagai permukaan pernapasan, dengan luas total hingga 100 meter persegi (50 x luas permukaan tubuh) yang cukup untuk melakukan pertukaran gas ke seluruh tubuh.

 

  1. Paru-paru

Paru-paru terletak di rongga dada, tepat di atas diafragma. Organ ini terdiri dari dua bagian, paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Paru-paru ditutupi oleh dua lapisan pleura, atau pleura. Di dalam paru-paru terdapat gelembung-gelembung kecil yang merupakan perpanjangan dari permukaan paru-paru yang disebut alveoli.

 

Paru-paru berjumlah 2 pasang yaitu di rongga dada kanan dan kiri. Paru-paru kanan memiliki 3 lobus, dan paru-paru kiri memiliki 2 lobus. Di dalam paru-paru terdapat alveoli yang jumlahnya 300 juta.

 

Bagian luar paru-paru ditutupi oleh pleura untuk melindungi paru-paru dari gesekan saat bernafas, yang berlapis dan berisi cairan

Check Also

Berikut ini yang termasuk ke dalam bioteknologi veteriner adalah

Berikut ini yang termasuk ke dalam bioteknologi veteriner adalah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi berikut ini yang …