Gangguan yang dapat menyerang organ paru-paru seperti pneumonia, tuberkulosis (TBC), bronchitis, Penyakit paru obstruktif kronis, asma.

Sebutkan gangguan yang dapat menyerang organ paru-paru

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan referensi jawaban soal Sebutkan gangguan yang dapat menyerang organ paru-paru

 

Untuk lebih jelasnya mengenai pembahasan soal diatas bisa kamu simak dibawah ini

 

Soal

Sebutkan gangguan yang dapat menyerang organ paru-paru

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Gangguan yang dapat menyerang organ paru-paru seperti pneumonia, tuberkulosis (TBC), bronchitis, Penyakit paru obstruktif kronis, asma.

 

Pembahasan

Gangguan yang dapat menyerang organ paru-paru

  1. Pneumonia

Pneumonia adalah infeksi yang menyebabkan kantung udara di paru-paru meradang dan membengkak. Kondisi ini sering disebut paru-paru basah, karena paru-paru bisa berisi cairan atau nanah.

 

Penyebab pneumonia adalah infeksi bakteri, virus atau jamur. Penularan infeksi ini dapat terjadi melalui udara yang terkontaminasi kuman dari penderita yang bersin atau batuk.

 

  1. Tuberkulosis

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit paru-paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini tidak hanya menyerang paru-paru, tetapi juga dapat menyebar ke bagian tubuh lain seperti tulang, kelenjar getah bening, sistem saraf pusat, dan ginjal.

 

Bakteri penyebab TBC dapat menyebar di udara melalui percikan dahak atau cairan dari saluran pernapasan penderitanya, misalnya saat batuk atau bersin.

 

  1. Bronkitis

Bronkitis adalah peradangan yang terjadi pada saluran bronkial atau saluran yang menghubungkan tenggorokan ke paru-paru. Salah satu penyebab bronkitis yang paling umum adalah infeksi virus.

 

Virus penyebab bronkitis biasanya ditularkan dari penderitanya melalui percikan dahak yang dikeluarkannya. Jika percikan dahak terhirup atau tertelan oleh orang lain, virus akan menginfeksi saluran bronkial orang tersebut.

Baca Juga:  Gangguan pada sistem pernapasan dengan gejala demam, pilek, bersin-bersin, batuk, sakit kepala, sakit otot dan hidung terasa gatal disebut

 

  1. Penyakit paru obstruktif kronik

Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) adalah peradangan paru kronis yang menyebabkan terhambatnya aliran udara, baik ke maupun dari paru-paru. Ada dua jenis gangguan yang terjadi pada PPOK, yaitu bronkitis kronis dan emfisema.

 

Pada bronkitis kronis, peradangan terjadi pada dinding bronkus. Sedangkan pada emfisema, peradangan atau kerusakan terjadi pada alveoli atau kantung kecil di paru-paru.

 

Faktor utama yang meningkatkan risiko PPOK adalah paparan asap rokok dalam jangka panjang, baik secara aktif maupun pasif. Faktor risiko lain adalah paparan asap bahan bakar atau uap bahan kimia.

 

  1. Asma

Asma adalah penyakit kronis yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas.

 

Penderita asma umumnya memiliki saluran napas yang lebih sensitif. Saat penderita asma terpapar alergen atau pemicu alergi, saluran napas mereka menjadi meradang, membengkak, dan menyempit.

 

Ini akan menghalangi aliran udara, menyebabkan sesak napas. Selain itu, akan terjadi peningkatan produksi dahak yang membuat penderitanya semakin sulit bernapas.

 

Ada beberapa hal yang dapat memicu serangan asma, seperti paparan debu, asap rokok, bulu binatang, udara dingin, virus, dan bahan kimia.

Check Also

Berikut ini yang termasuk ke dalam bioteknologi veteriner adalah

Berikut ini yang termasuk ke dalam bioteknologi veteriner adalah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi berikut ini yang …