Berikut ini yang bukan merupakan tahapan dalam siklus hidup usaha adalah

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal berikut ini yang bukan merupakan tahapan dalam siklus hidup usaha adalah

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Berikut ini yang bukan merupakan tahapan dalam siklus hidup usaha adalah

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Tahapan dalam siklus hidup usaha adalah Tahap Perkenalan (Introduction), Tahapan Pertumbuhan (Growth), Tahapan Kedewasaan (Maturity Process), Tahap Kemunduran (Decline)

 

Pembahasan

Tahapan Siklus Hidup Usaha

Secara umum, tahap hidup produk meliputi 4 tahap umum. Setiap produser harus mengetahui keempat tahapan tersebut. Jika diperhatikan dengan seksama, Anda dapat memastikan bahwa keempat produk tersebut adalah tahap pengenalan, tahap pengembangan, tahap kedewasaan, dan tahap penolakan.

 

Untuk itu dapat dilihat bahwa tahapan-tahapan tersebut memiliki pengertian tentang makna strategi yang dapat dilihat sebagai berikut.

 

  1. Tahap Perkenalan (Introduction)

Seperti namanya, tahap ini adalah tahap pengenalan yang dianggap sebagai anteseden siklus hidup produk. Awalnya selama fase ini, produk akan diproduksi dan dipasarkan dalam jumlah yang lebih besar. Namun, volume penjualan tentu tidak sebanding dengan jumlahnya.

 

Jadi barang yang dipasarkan adalah barang yang benar-benar baru, dan ini juga karena pada tahap ini sering disebut sebagai tahap awal. Biasanya pada tahap ini biaya dan biaya promosi lebih mahal.

 

Promosi yang dilakukan tentunya harus promosi yang kuat dan memiliki kualitas pemasaran yang mendukung. Saat dipromosikan, tujuannya harus benar-benar mengarah pada penjualan merek. Tahap ini sudah proses distribusi dan keuntungan masih kurang dari normal.

Baca Juga:  Dalam pembangunan ekonomi faktor yang paling menentukan ialah

 

  1. Tahapan Pertumbuhan (Growth)

Tahap kedua adalah pertumbuhan, dan tahap ini, seperti namanya, merupakan tahap siklus hidup produk yang menentukan apakah produk akan lebih berkembang atau tidak.

 

Pada titik ini tentunya keuntungan akan meningkat dan pengoperasian menjadi lebih menguntungkan. Pada titik ini, di pasar, permintaan akan produk meningkat dan minat masyarakat meningkat.

 

Dengan langkah seperti ini pihak produsen sendiri akan mengurangi promosi yang dilakukan. Mengurangi langkah promosi memang jalan yang harus ditempuh karena banyak orang yang sudah tahu informasi produknya. Jadi pada titik ini, upaya promosi tidak sekuat dulu.

 

Pada titik ini, persaingan dengan produk lain akan mulai tumbuh. Bisa dikatakan, pada titik ini persaingan akan semakin ketat. Saat pendistribusian dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mendistribusikan dengan harga jual produk yang lebih rendah.

 

  1. Tahapan Kedewasaan (Maturity)

Selanjutnya adalah tahap kedewasaan, tahap ini merupakan tahap dimana produsen dan semua pihak terkait dapat melihat dan dapat menentukan bahwa penjualan yang dilakukan dan pemasaran yang dilakukan telah meningkat jauh lebih banyak dari sebelumnya dan akan tetap lebih stabil kedepannya.

 

Yang perlu diingat tentunya pada saat ini keuntungan yang akan diperoleh akan sangat berkurang. Ini merupakan proses akibat dari persaingan harga yang sangat sempit dibandingkan dengan sebelumnya.

 

Kemudian ketika Anda berada di titik ini, akan ada pertumbuhan lagi dalam mode promosi. Hal semacam itu merupakan salah satu sikap yang akan diambil oleh setiap produsen dalam menentukan agresivitasnya untuk kembali ke target pertumbuhan yang maksimal.

 

  1. Tahap Kemunduran (Decline)

Pada titik ini, setiap siklus hidup produk pasti memiliki fase dimana produk yang dipasarkan mengalami penurunan agresivitas atau yang biasa disebut dengan fase penuaan produk. Untuk itu setiap produk harus memiliki strategi baru yang tentunya harus dihadirkan ketika mengembangkan produk baru yang diminati masyarakat.

Baca Juga:  Secara sederhana kelangkaan adalah terbatasnya sumber daya untuk mencukupi atau memuaskan

 

Hal seperti itu dijadikan langkah tepat untuk mengganti produk lama atau usang. Meskipun skala persaingan sudah mulai menurun, tentunya akan muncul masalah lain yaitu menurunnya jumlah pesanan barang produksi.

 

Inilah sebabnya, dalam menghadapi siklus hidup produk, harus ada product stewardship yang benar-benar mumpuni untuk setiap produk yang ada.

Check Also

Pengujian produk mempunyai beberapa kegunaan. Berikut ini yang bukan termasuk kegunaan dari pengujian produk, adalah Mendapat pasar konsumen

Pengujian produk mempunyai beberapa kegunaan. Berikut ini yang bukan termasuk kegunaan dari pengujian produk, adalah

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu pengujian …