Perbandingan nilai antara dua mata uang yang berbeda dalam perdagangan internasional disebut Kurs valuta asing.

Perbandingan nilai antara dua mata uang yang berbeda dalam perdagangan internasional disebut

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal perbandingan nilai antara dua mata uang yang berbeda dalam perdagangan internasional disebut

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Perbandingan nilai antara dua mata uang yang berbeda dalam perdagangan internasional disebut

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Perbandingan nilai antara dua mata uang yang berbeda dalam perdagangan internasional disebut Kurs valuta asing.

 

Pembahasan

Apabila sesuatu barang ditukar dengan barang lain, tentu di dalamnya terdapat perbandingan nilai tukar antar keduanya. Nilai tukar ini sebenarnya merupakan semacam “harga” di dalam pertukaran tersebut.

 

Demikian pula pertukaran antara dua mata uang yang berbeda, maka akan terdapat perbandingan nilai/ harga antara kedua mata uang tersebut.

 

Perbandingan nilai inilah yang disebut kurs (exchange rate). Pasar valuta asing tidak hanya menyangkut kurs/ harga valuta asing saja, tetapi juga pihak- pihak yang melakukan transaksi.

 

Pihak- pihak ini antara lain eksportirimportir, bank, pedagang perantara dan bank sentral.

 

Pengertian Valuta Asing

Valuta Asing atau Foreign Exchange (FOREX) adalah mata uang asing atau alat pembayaran lain yang digunakan untuk melakukan atau membiayai transaksi ekonomi dan keuangan internasional dan yang memiliki catatan nilai tukar resmi di bank sentral (Hamdy dalam Putong: 2010).

 

Misalnya di Singapura (Dolar Singapura), Malaysia (Ringgit) dan Amerika Serikat (Dolar AS). Seseorang yang mengimpor barang dari Singapura harus membeli dolar Singapura dan jika dia ingin membeli barang dari Malaysia, dia perlu mencari ringgit.

 

Dengan kata lain, untuk membiayai impor dan beberapa transaksi luar negeri lainnya diperlukan mata uang asing sebagai alat pembayaran. Nilai mata uang asing adalah nilai yang menunjukkan jumlah mata uang dalam negeri yang diperlukan untuk memperoleh satu unit mata uang asing.

Baca Juga:  Rentang usia dari 15-64 tahun berkaitan dengan suatu perekonomian merupakan usia

 

Ada dua macam kurs valuta asing yang digunakan, yaitu kurs jual dan kurs beli. Kurs jual adalah harga yang digunakan pada saat bank atau money changer membeli mata uang asing. Kurs beli adalah harga yang digunakan ketika bank atau money changer menjual mata uang asing.

Check Also

Pengujian produk mempunyai beberapa kegunaan. Berikut ini yang bukan termasuk kegunaan dari pengujian produk, adalah Mendapat pasar konsumen

Pengujian produk mempunyai beberapa kegunaan. Berikut ini yang bukan termasuk kegunaan dari pengujian produk, adalah

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu pengujian …