Dalam bidang sosial, dampak penjajahan bangsa eropa adalah

Dalam bidang sosial, dampak penjajahan bangsa eropa adalah

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal dalam bidang sosial, dampak penjajahan bangsa eropa adalah

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Daftar Isi

Soal

Dalam bidang sosial, dampak penjajahan bangsa eropa adalah

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Dalam bidang sosial, dampak penjajahan bangsa eropa adalah munculnya masyarakat yang menganut agama Katolik, serta pengaruh Kristen Protestan. Kedatangan Portugis yang membawa semangat 3G memengaruhi penyebaran agama Kristen dan Katolik di Indonesia

 

Pembahasan

Kedatangan bangsa Eropa di Indonesia membawa dampak dalam bidang sosial, dan di antara pengaruh dalam bidang sosial adalah munculnya orang-orang yang masuk agama Katolik, serta pengaruh agama Kristen Protestan. Kedatangan bangsa Portugis yang membawa semangat generasi 3G (Gold, Glory dan Gospel) mempengaruhi penyebaran agama Kristen dan Katolik di Indonesia.

 

Penjajahan bangsa Barat telah menyebabkan kemunduran kehidupan sosial bangsa kita. Dalam bidang sosial, praktik kolonialisme dan imperialisme di Indonesia telah menimbulkan dampak sebagai berikut.

  • Terjadi perubahan stratifikasi sosial dalam masyarakat pada masa penjajahan.
  • Mobilitas sosial terjadi dengan gelombang imigrasi, terutama untuk memasok tenaga kerja di perkebunan-perkebunan yang dibuka Belanda di luar Jawa.
  • Kelas pekerja dan kelompok pengusaha muncul karena berdirinya pabrik dan perusahaan sehingga pekerjaan rakyat Indonesia menjadi dinamis.
  • Munculnya elit intelektual karena tuntutan pemenuhan pejabat pemerintah menyebabkan berdirinya sekolah-sekolah di berbagai kota, yang melahirkan elit intelektual (prae intelektual) di perkotaan. Meskipun jumlahnya sedikit, mereka memainkan peran yang sangat penting dalam perkembangan gerakan selanjutnya.
  • Terbentuknya suatu kedudukan sosial yang tingkatan tertingginya adalah Eropa, kemudian Asia, Timur dan akhirnya penduduk pribumi.
  • Terjadi represi dan pemerasan yang kejam. Tradisi yang dimiliki masyarakat Indonesia seperti upacara dan tata cara yang berlaku di lingkungan keraton menjadi sangat sederhana bahkan cenderung dihilangkan. Tradisi ini perlahan-lahan digantikan oleh pemerintah Belanda.
  • Wilayah Indonesia begitu terisolasi di laut sehingga kehidupan berkembang di daratan. Menurunnya perdagangan di laut secara tidak langsung menyebabkan munculnya budaya feodal di tanah air. Dengan feodalisme, penduduk pribumi terpaksa tunduk atau patuh kepada tuan tanah asing barat atau timur sehingga kehidupan penduduk Indonesia menjadi terpuruk.

Check Also

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah timur mengitari pantai barat Afrika.

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi penjelajahan samudera diawali …