Latar belakang dan faktor pendorong kedatangan bangsa-bangsa eropa ke asia adalah sebagai berikut, kecuali Penemuan mesin uap oleh james watt

Latar belakang dan faktor pendorong kedatangan bangsa-bangsa eropa ke asia adalah sebagai berikut, kecuali

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal latar belakang dan faktor pendorong kedatangan bangsa-bangsa eropa ke asia adalah sebagai berikut, kecuali…

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Daftar Isi

Soal

Latar belakang dan faktor pendorong kedatangan bangsa-bangsa eropa ke asia adalah sebagai berikut, kecuali

A. Keinginan menemukan daerah asal rempah-rempah

B. Runtuhnya konstantinopel ketangan bangsa turki saljuk yang menyebabkan putusnya hubungan dagang asia-eropa

C. Keinginan membuktikan teori copernicus bahwa bumi bulat

D. Penemuan mesin uap oleh James Watt

E. Rasa tertarik kepada buku karya marcopolo berjudul imago mundi yang menceritakan kesuburan asia

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Latar belakang dan faktor pendorong kedatangan bangsa-bangsa eropa ke asia adalah sebagai berikut, kecuali Penemuan mesin uap oleh James Watt (jawaban D)

 

Pembahasan

Penemuan mesin uap oleh James Watt bukanlah faktor kedatangan bangsa Eropa di Asia Tenggara. Pasalnya, kedatangan negara-negara Eropa terjadi pada tahun 1500-an, diawali dengan penaklukan Malaka oleh Portugis pada tahun 1511. Sedangkan mesin uap baru ditemukan oleh James Watt pada tahun 1781.

 

Faktor utama pendorong penjelajahan bangsa Eropa adalah jatuhnya kota Konstantinopel. Pada tahun 1453, Sultan Ottoman, Sultan Mehmed II, menaklukkan kota Konstantinopel dan mengakhiri Kekaisaran Romawi Timur. Kemudian Turki Ottoman menjadikan Konstantinopel ibu kota baru mereka, menggantikan Edirne.

 

Hal ini menyebabkan penutupan jalur perdagangan dan kenaikan harga rempah-rempah di Eropa. Padahal rempah-rempah merupakan komoditas yang sangat berharga saat itu.

 

Alhasil, negara-negara di Eropa berusaha mencari jalur baru yang langsung menuju asal rempah di Asia.

Check Also

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah timur mengitari pantai barat Afrika.

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi penjelajahan samudera diawali …