Bangsa portugis pertama kali mendarat di indonesia di daerah Malaka pada tahun 1511

Bangsa portugis pertama kali mendarat di indonesia di daerah

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu bangsa portugis pertama kali mendarat di indonesia di daerah

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Soal

Bangsa portugis pertama kali mendarat di indonesia di daerah

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Bangsa portugis pertama kali mendarat di indonesia di daerah Malaka pada tahun 1511.

 

Pembahasan

Awal kedatangan Portugis di Malaka

Pencarian rempah-rempah menjadi latar belakang kedatangan Portugis di Malaka.

 

Selama periode imperialisme kuno, Portugal dan Spanyol adalah dua kerajaan Katolik paling maju dalam kekuatan angkatan laut, teknologi navigasi, dan pelayaran. Bangsa Portugis dan Spanyol juga merupakan pionir penjelajahan lautan pada masa itu.

 

Sampai saat terakhir, Raja Portugal mendengar laporan dari para saudagar Asia tentang banyaknya kekayaan rempah-rempah di Malaka. Kemudian Raja Portugal mengirim Diogo López de Sequeira untuk berlayar ke Malaka dalam misi berteman dengan penguasa wilayah tersebut.

 

Pada tahun 1509, Portugis akhirnya menjadi negara Eropa pertama yang mencapai Indonesia yaitu Malaka. Penguasa Malaka, Sultan Mahmud Syah, pun menyambut baik kedatangan Portugis.

 

Namun Sultan Mahmud melawan Portugis setelah diyakinkan oleh komunitas perdagangan Islam internasional bahwa kedatangan orang Eropa merupakan ancaman bagi Malaka.

 

Setelah mendapat perlawanan tersebut, Portugis memutuskan untuk menduduki Malaka guna mengkonsolidasikan kedudukannya dan menguasai Rempah-Rempah.

 

Afonso de Albuquerque kemudian memimpin pasukan Portugis yang terdiri dari 1.200 orang dengan 17 atau 18 kapal untuk menyerang Malaka, yang mereka berlayar dari Portugis pada bulan April 1511. Pertempuran pun terjadi sepanjang Juli-Agustus 1511 hingga Portugis akhirnya menang.

Check Also

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah timur mengitari pantai barat Afrika.

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi penjelajahan samudera diawali …