Salah satu faktor yang mendorong bangsa barat menjelajah samudera pada abad ke-16 adalah semangat glory, yaitu Semangat memperoleh kejayaan dan wilayah jajahan

Salah satu faktor yang mendorong bangsa barat menjelajah samudera pada abad ke-16 adalah semangat glory, yaitu

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal salah satu faktor yang mendorong bangsa barat menjelajah samudera pada abad ke-16 adalah semangat glory, yaitu

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Daftar Isi

Soal

Salah satu faktor yang mendorong bangsa barat menjelajah samudera pada abad ke-16 adalah semangat glory, yaitu

A. Semangat pembalasan sebagai tindak lanjut perang salib

B. Semangat menyebarkan agama nasrani

C. Semangat memperoleh kejayaan dan wilayah jajahan

D. Semangat untuk mencari kekayaan

 

Jawaban

Salah satu faktor yang mendorong bangsa barat menjelajah samudera pada abad ke-16 adalah semangat glory, yaitu Semangat memperoleh kejayaan dan wilayah jajahan (jawaban C).

 

Pembahasan

Dalam buku Principles of Political Geography (1957) yang ditulis oleh Weigert dan W. Hans, dilaporkan bahwa pada tanggal 7 Juni 1494 telah disepakati Perjanjian Tordesillas antara Portugal dan Spanyol.

 

Perjanjian ini merupakan perjanjian pertunangan universal antara dua kerajaan Katolik paling berpengaruh di Eropa saat itu, Portugal dan Spanyol.

 

Kekaisaran Portugis menguasai dunia Timur, sedangkan Kekaisaran Spanyol menguasai dunia Barat, yang ditentukan oleh rekening pribadi.

 

Perjanjian Tordesillas sebenarnya adalah gagasan Paus Alexander VI dari Vatikan sebagai solusi persaingan antara dua kerajaan Katolik. Dia mengeluarkan fatwa dengan gold, glory, dan gospel alias 3G.

 

Dengan demikian, tujuan bangsa Portugis dan Spanyol menjelajahi lautan, selain untuk memperoleh kekayaan (gold) dan kejayaan (glory), juga mengusung misi menyebarkan agama (gospel).

 

Hasil eksplorasi bangsa Portugis dan Spanyol meliputi hampir seluruh belahan dunia, termasuk Nusantara atau yang kemudian menjadi wilayah Indonesia.

Baca Juga:  Perdagangan di kerajaan sriwijaya mengalami kemajuan yang pesat terutama karena

 

Kedatangan pertama Portugis ke Nusantara adalah pada awal abad keenam belas M, dan Spanyol melakukan intervensi di wilayah ini, tetapi kemudian harus pergi setelah Perjanjian Zaragoza pada 22 April 1529.

Check Also

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah timur mengitari pantai barat Afrika.

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi penjelajahan samudera diawali …