Rumusan akhir tentang sesuatu yang disusun berdasarkan pemahaman atau penalaran kita terhadap keseluruhan isi teks itu disebut dengan Simpulan

Rumusan akhir tentang sesuatu yang disusun berdasarkan pemahaman atau penalaran kita terhadap keseluruhan isi teks itu disebut dengan

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal rumusan akhir tentang sesuatu yang disusun berdasarkan pemahaman atau penalaran kita terhadap keseluruhan isi teks itu disebut dengan

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Rumusan akhir tentang sesuatu yang disusun berdasarkan pemahaman atau penalaran kita terhadap keseluruhan isi teks itu disebut dengan

A. Simpulan

B. Ajakan

C. Argumentasi

D. Fakta

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Rumusan akhir tentang sesuatu yang disusun berdasarkan pemahaman atau penalaran kita terhadap keseluruhan isi teks itu disebut dengan Simpulan (jawaban A)

 

Pembahasan

Pengertian Simpulan

Simpulan adalah rumusan akhir dari sesuatu (misalnya, sebuah teks). Simpulan dibuat berdasarkan pemahaman atau penalaran kita terhadap isi teks. Jadi, kesimpulan berarti menarik kesimpulan tentang teks, yaitu menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan dan pertimbangan.

 

Dalam penggunaannya, Simpulan berbeda dengan ringkasan. Karena meringkas adalah menulis ulang teks dengan cara yang lebih pendek dan sederhana dengan menulis secara sistematis garis besar ide-ide yang disajikan dalam teks. Sedangkan konklusi adalah pendapat akhir yang logis dari teks tersebut.

 

Ciri-ciri Simpulan

  1. Sederhana, singkat dan jelas

Ciri pertama adalah kesimpulan harus sederhana, singkat dan jelas. Ini merangkum beberapa ide atau pernyataan yang sebelumnya disajikan di bagian isi. Penting untuk tidak memikirkan ide-ide baru yang tidak tersampaikan di bagian sebelumnya agar tidak menimbulkan kesan multitafsir.

 

  1. Pesan dapat disampaikan

Selain itu, ciri induksi adalah pesan dapat tersampaikan. Di dalam teks pasti terdapat informasi atau pesan yang ingin disampaikan guna menambah pengetahuan bagi yang menyenanginya. Begitu juga dengan epilog, harus berisi informasi atau pesan tertentu yang ditujukan kepada pembaca.

Baca Juga:  Salah satu sikap yang harus dimiliki oleh seorang peneliti adalah ktitis, artinya

 

  1. Mengandung inti tulisan

Selain itu, ciri-ciri deduksi adalah mengandung hakekat tulisan. Intinya adalah rangkuman isinya sama dengan apa yang telah dijelaskan, tetapi menggunakan bahasa tersendiri yang telah dikembangkan. Terlepas dari ringkasan, tidak boleh ada bagian yang tidak dicantumkan karena epilog harus memuat seluruh isi teks atau bacaan.

 

  1. Berawal dari hal yang privat menjadi hal yang bersifat publik

Makna yang khusus menjadi umum, yaitu menyatakan hal-hal yang menjadi ciri suatu konsep dalam beberapa kalimat penjelas. Kemudian, di akhir kalimat, susunlah kalimat-kalimat yang mencakup semua ciri tersebut menjadi satu kalimat umum.

 

  1. Gunakan kosakata standar

Simpulan harus mengandung kosakata yang baku, dan menghindari penggunaan kalimat di luar pedoman ejaan bahasa Indonesia. Jangan menggunakan istilah-istilah yang tidak dikenal oleh kebanyakan orang karena akan menimbulkan pertanyaan-pertanyaan kontekstual yang mungkin tidak termasuk dalam kesimpulan.

 

  1. Dapat menggabungkan klausa utama

Kesimpulan dapat ditemukan di akhir kalimat, tetapi biasanya juga berhubungan dengan kalimat utama paragraf. Untuk mengidentifikasi intinya, maka gabungkan kalimat utama dengan kalimat terakhir paragraf untuk membentuk kesimpulan.

 

  1. Bisa berupa hubungan kausal atau sebab akibat

Hubungan sebab akibat dalam paragraf dapat menjadi kunci untuk mendapatkan kesimpulan dari teks bacaan. Ketika seseorang mengetahui hubungan sebab akibat yang terjadi pada dirinya, ia tidak akan kesulitan menemukan inti permasalahan yang dibicarakan.

 

  1. Dibuat berdasarkan kata kunci dalam kalimat penjelas dan ide pokok

Kesimpulan harus dibangun atas dasar gagasan utama di setiap paragraf. Selain itu, kata kunci juga harus disertakan dalam kalimat penjelas sehingga Anda dapat menutupi isi seluruh bagian dalam satu kesatuan yang utuh. Penulis dapat menggunakan teknik parafrase atau menggunakan kalimat sendiri asalkan maknanya tidak berubah.

Check Also

Sebutkan unsur-unsur pendukung dalam membuat reklame

Sebutkan unsur-unsur pendukung dalam membuat reklame

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi sebutkan unsur-unsur pendukung …