Penyebab terjadinya peristiwa rengasdengklok adalah perbedaan pendapat antara golongan muda dan tua terkait pelaksaan proklamasi

Penyebab terjadinya peristiwa rengasdengklok adalah

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal penyebab terjadinya peristiwa rengasdengklok adalah…

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Daftar Isi

Soal

Penyebab terjadinya peristiwa rengasdengklok adalah

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Penyebab terjadinya peristiwa rengasdengklok adalah perbedaan pendapat antara golongan muda dan tua terkait pelaksaan proklamasi.

 

Pembahasan

Peristiwa Rengasdengklok terjadi karena adanya perbedaan pendapat antara golongan muda dan golongan tua mengenai pelaksanaan proklamasi.

 

Peristiwa Rengasdengklok berkaitan dengan kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II paska bom atom Sekutu. Itu dimulai ketika Kaisar Hirohito mengumumkan bahwa Jepang telah menyerah tanpa syarat kepada Sekutu, setelah bom atom di Hiroshima dan Nagasaki.

 

Berita kekalahan Jepang dengan cepat menyebar ke Indonesia, terutama kepada para pemuda yang bekerja di kantor Berita Jepang (dōmei).

 

Kelompok pemuda yang dipimpin oleh Chairul Saleh mengetahui kekalahan Jepang. Mereka mengadakan pertemuan yang mengakibatkan Indonesia harus segera memproklamasikan kemerdekaan. Karena kebebasan adalah hak semua bangsa.

 

Sedangkan pada hari yang sama, Soekarno dan Hatta baru saja kembali dari Dalat setelah menjawab panggilan Marsekal Muda Terauchi, tanpa mengetahui kekalahan Jepang.

 

Para pemuda segera mendesak Sukarno dan Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, tanpa bantuan Jepang. Namun golongan yang lebih tua berpendapat bahwa kemerdekaan harus dipersiapkan dan diselenggarakan secara matang melalui rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

 

Padahal, proklamasi kemerdekaan Indonesia akan berlangsung pada 18 Agustus 1945, sebagaimana disepakati dalam rapat di Saigon. Keikutsertaan PPKI dipandang sebagai cerminan dukungan dari seluruh Indonesia yang mewakili berbagai daerah.

Baca Juga:  Apa saja faktor eksternal dan internal yang menyebabkan kemerosotan voc

 

Sementara para pemuda menganggap keterlibatan PPKI adalah Jepang, mereka khawatir Sekutu akan menganggap Jepang sebagai ciptaan Indonesia merdeka.

 

Sementara itu, Sukarno menolak teori Hatta. Karena tidak ada titik temu antara yang tua dan yang muda, maka terjadilah Peristiwa Rengasdengklok. Akhirnya, para pemuda membawa Sukarno dan Hatta ke Rengasdengklok, Jawa Barat, pada 16 Agustus 1945.

 

Tujuannya adalah untuk menjauhkan Sukarno dan Hatta dari pengaruh Jepang. Golongan muda memaksa kedua tokoh tersebut untuk segera memproklamasikan kemerdekaan, tanpa campur tangan Jepang.

 

Saat itu Ahmad Subarjo mengetahui bahwa Soekarno tidak ada di Jakarta. Setelah mengetahui Soekarno-Hatta diculik oleh seorang pemuda, ia segera menyelesaikan masalah tersebut.

Check Also

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah timur mengitari pantai barat Afrika.

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi penjelajahan samudera diawali …