Berikut ini yang merupakan acuan utama dalam pengembangan desain kurikulum adalah Filosofis, psikologis, sosial-budaya, dan ilmu pengetahuan serta teknologi.

Berikut ini yang merupakan acuan utama dalam pengembangan desain kurikulum adalah

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan kunci  jawaban soal berikut ini yang merupakan acuan utama dalam pengembangan desain kurikulum adalah

 

Penjelasan strategi backward design dan hubungannya dengan proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Berikut ini yang merupakan acuan utama dalam pengembangan desain kurikulum adalah

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Berikut ini yang merupakan acuan utama dalam pengembangan desain kurikulum adalah Filosofis, psikologis, sosial-budaya, dan ilmu pengetahuan serta teknologi.

 

Pembahasan

Setidaknya ada 4 landasan utama yang menjadi dasar dari Pengembangan desain kurikulum yang baik. 4 landasan yang dapat dijadikan acuan dalam mengembangkan kurikulum, yaitu: (1) filosofis; (2) psikologis; (3) sosial-budaya; dan (4) ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

4 Landasan Yang Dapat Dijadikan Acuan Dalam Mengembangkan Kurikulum

  1. Filosofis

Pada saat merancang kurikulum, sisi filosofis akan membahas gagasan inti dan nilai-nilai yang menjadi dasar pembelajaran. Ini termasuk pertanyaan tentang tujuan pendidikan, etika, dan nilai-nilai moral.

 

Aspek filosofis ini memainkan peran penting dalam desain kurikulum. Filsafat akan mempengaruhi pilihan konten yang digunakan, pengembangan keterampilan berpikir kritis, dan pendekatan yang dipilih untuk pembelajaran.

 

  1. Psikologis

Selain itu, terdapat aspek psikologis yang menjadi acuan bagaimana siswa belajar, mengembangkan dan mengolah informasi. Semua pembahasan disini mencakup teori belajar dan perkembangan anak.

 

Pemahaman yang baik tentang aspek psikologis dapat membantu sekolah atau guru menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan siswa. Terakhir, sekolah dapat menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan siswa.

Baca Juga:  Projek penguatan profil pelajar pancasila dilaksanakan dengan alokasi waktu sendiri terpisah dari alokasi waktu intrakulikuler

 

  1. Sosial budaya

Aspek selanjutnya berkaitan dengan perbedaan budaya, latar belakang dan kebutuhan siswa. Kurikulum diharapkan mampu membantu siswa mempersiapkan diri sebelum terjun ke masyarakat yang heterogen.

 

  1. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sedang berkembang dan menghasilkan inovasi-inovasi kekinian yang sangat membantu dalam pembelajaran. Oleh karena itu, desain kurikulum juga perlu memperhatikan hal tersebut.

 

Ada baiknya merancang pembelajaran dengan menggunakan teknologi terkini. Tujuannya agar siswa merasa senang belajar.

Check Also

Dalam pembelajaran dengan paradigma baru, asesmen ditempatkan sebagai berikut, kecuali alat untuk menghasilkan nilai

Dalam pembelajaran dengan paradigma baru, asesmen ditempatkan sebagai berikut, kecuali

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal dalam pembelajaran dengan paradigma baru, asesmen …