Kegiatan projek menguatkan semua dimensi profil pelajar pancasila. meskipun pada setiap projek disarankan memilih 2-3 dimensi, tetapi bukan berarti dimensi lain tidak dikuatkan. Kita dapat fokus pada 2-3 dimensi yang menjadi indikator ketercapaian kemampuan murid. Pernyataan diatas adalah

Kegiatan projek menguatkan semua dimensi profil pelajar pancasila. meskipun pada setiap projek disarankan memilih 2-3 dimensi, tetapi bukan berarti dimensi lain tidak dikuatkan. Kita dapat fokus pada 2-3 dimensi yang menjadi indikator ketercapaian kemampuan murid. Pernyataan diatas adalah

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan kunci jawaban soal kegiatan projek menguatkan semua dimensi profil pelajar pancasila. Meksipun pada setiap projek disarankan memilih 2-3 dimensi, tetapi bukan berarti dimensi lain tidak dikuatkan. Kita dapat fokus pada 2-3 dimensi yang menjadi indikator ketercapaian kemampuan murid. Pernyataan diatas adalah

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Kegiatan projek menguatkan semua dimensi profil pelajar pancasila. meskipun pada setiap projek disarankan memilih 2-3 dimensi, tetapi bukan berarti dimensi lain tidak dikuatkan. Kita dapat fokus pada 2-3 dimensi yang menjadi indikator ketercapaian kemampuan murid. Pernyataan diatas adalah

A. Benar

B. Salah

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Benar (jawaban A)

 

Pembahasan

6 Dimensi Profil Pelajar Pancasila

Berikut ini enam dimensi dari Profil Pelajar Pancasila lengkap dengan penjelasan dan masing-masing elemen kuncinya.

 

  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

Pelajar Indonesia adalah pelajar yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan. Memahami ajaran dan keyakinan agamanya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

 

Unsur dasar iman, taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan akhlak mulia adalah akhlak agama, akhlak pribadi, akhlak terhadap manusia, akhlak terhadap alam, dan akhlak bangsa.

 

  1. Berkebinekaan global

Pelajar Indonesia melestarikan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, serta tetap terbuka dalam interaksi dengan budaya lain.

 

Dengan demikian diharapkan mampu menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya budaya baru yang positif yang tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa.

Baca Juga:  Mengapa cp dirancang dengan menggunakan metode backward design?

 

Elemen kunci keragaman global adalah pengetahuan dan apresiasi budaya, kemampuan untuk berkomunikasi lintas budaya dalam interaksi dengan orang lain, refleksi, dan tanggung jawab untuk mengalami keragaman.

 

  1. Bergotong royong

Siswa Indonesia dapat bekerja sama atau melakukan kegiatan bersama secara sukarela. Dengan begitu, aktivitas yang dilakukan bisa dilakukan dengan lancar, lebih mudah dan ringan.

 

Unsur utama gotong royong adalah kerja sama, minat, dan berbagi.

 

  1. Mandiri

Pelajar Indonesia adalah pembelajar mandiri, yaitu mereka bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya.

 

Komponen utama kemandirian dalam profil mahasiswa Pancasila adalah kesadaran diri, situasi yang dihadapi, dan pengaturan diri.

 

  1. Bernalar kritis

Siswa Indonesia yang berpikir kritis dapat mengolah informasi kualitatif dan kuantitatif, membangun hubungan antar informasi yang berbeda, menganalisis informasi, mengevaluasi dan menarik kesimpulan. Setiap tahapan berpikir kritis dilaksanakan secara tematis.

 

Elemen utama berpikir kritis adalah memperoleh dan memproses informasi dan ide, menganalisis dan mengevaluasi pemikiran, merefleksi ide dan proses berpikir, dan membuat keputusan.

 

  1. Kreatif

Siswa yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinil, bermakna, bermanfaat, dan berdampak.

 

Komponen kreatif utama dari profil mahasiswa Pancasila adalah generasi ide orisinal dan produksi karya dan tindakan orisinal.

Check Also

Dalam pembelajaran dengan paradigma baru, asesmen ditempatkan sebagai berikut, kecuali alat untuk menghasilkan nilai

Dalam pembelajaran dengan paradigma baru, asesmen ditempatkan sebagai berikut, kecuali

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal dalam pembelajaran dengan paradigma baru, asesmen …