Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan kunci jawaban soal kegiatan projek menguatkan semua dimensi profil pelajar pancasila. Meksipun pada setiap projek disarankan memilih 2-3 dimensi, tetapi bukan berarti dimensi lain tidak dikuatkan. Kita dapat fokus pada 2-3 dimensi yang menjadi indikator ketercapaian kemampuan murid. Pernyataan diatas adalah
Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.
Daftar Isi
Soal
Kegiatan projek menguatkan semua dimensi profil pelajar pancasila. meskipun pada setiap projek disarankan memilih 2-3 dimensi, tetapi bukan berarti dimensi lain tidak dikuatkan. Kita dapat fokus pada 2-3 dimensi yang menjadi indikator ketercapaian kemampuan murid. Pernyataan diatas adalah
A. Benar
B. Salah
Jawaban
Benar (jawaban A)
Pembahasan
6 Dimensi Profil Pelajar Pancasila
Berikut ini enam dimensi dari Profil Pelajar Pancasila lengkap dengan penjelasan dan masing-masing elemen kuncinya.
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia
Pelajar Indonesia adalah pelajar yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan. Memahami ajaran dan keyakinan agamanya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
Unsur dasar iman, taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan akhlak mulia adalah akhlak agama, akhlak pribadi, akhlak terhadap manusia, akhlak terhadap alam, dan akhlak bangsa.
-
Berkebinekaan global
Pelajar Indonesia melestarikan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, serta tetap terbuka dalam interaksi dengan budaya lain.
Dengan demikian diharapkan mampu menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya budaya baru yang positif yang tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa.
Elemen kunci keragaman global adalah pengetahuan dan apresiasi budaya, kemampuan untuk berkomunikasi lintas budaya dalam interaksi dengan orang lain, refleksi, dan tanggung jawab untuk mengalami keragaman.
-
Bergotong royong
Siswa Indonesia dapat bekerja sama atau melakukan kegiatan bersama secara sukarela. Dengan begitu, aktivitas yang dilakukan bisa dilakukan dengan lancar, lebih mudah dan ringan.
Unsur utama gotong royong adalah kerja sama, minat, dan berbagi.
-
Mandiri
Pelajar Indonesia adalah pembelajar mandiri, yaitu mereka bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya.
Komponen utama kemandirian dalam profil mahasiswa Pancasila adalah kesadaran diri, situasi yang dihadapi, dan pengaturan diri.
-
Bernalar kritis
Siswa Indonesia yang berpikir kritis dapat mengolah informasi kualitatif dan kuantitatif, membangun hubungan antar informasi yang berbeda, menganalisis informasi, mengevaluasi dan menarik kesimpulan. Setiap tahapan berpikir kritis dilaksanakan secara tematis.
Elemen utama berpikir kritis adalah memperoleh dan memproses informasi dan ide, menganalisis dan mengevaluasi pemikiran, merefleksi ide dan proses berpikir, dan membuat keputusan.
-
Kreatif
Siswa yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinil, bermakna, bermanfaat, dan berdampak.
Komponen kreatif utama dari profil mahasiswa Pancasila adalah generasi ide orisinal dan produksi karya dan tindakan orisinal.