Pada bola basket, berputar kesegala arah dengan bertumpu pada salah satu kaki dinamakan pivot.

Pada bola basket, berputar kesegala arah dengan bertumpu pada salah satu kaki dinamakan

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu pada bola basket, berputar kesegala arah dengan bertumpu pada salah satu kaki dinamakan

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Soal

Pada bola basket, berputar kesegala arah dengan bertumpu pada salah satu kaki dinamakan

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Pada bola basket, berputar kesegala arah dengan bertumpu pada salah satu kaki dinamakan pivot.

 

Pembahasan

Pengertian Pivot Dalam Bola Basket

Pivot dalam bola basket adalah teknik yang digunakan oleh pemain untuk mengubah arah atau menghindari pertahanan lawan dengan menjaga satu kaki sebagai titik pivot atau titik tumpuan.

 

Hal ini memungkinkan pemain untuk mempertahankan dribel atau mencari peluang tembakan atau umpan.

 

Pivot umumnya digunakan oleh pemain di posisi depan seperti power forward dan center, tetapi semua pemain dalam permainan basket harus memiliki pemahaman tentang teknik pivot.

 

Berikut adalah langkah-langkah dasar dalam melakukan pivot dalam bola basket:

 

Posisi awal: Ketika Anda menerima bola atau saat berada dalam posisi untuk menerima bola, pastikan salah satu kaki Anda (biasanya yang terdekat dengan lawan) adalah kaki pivot. Ini adalah kaki yang tidak akan bergerak selama pivot.

 

Kontrol bola: Pegang bola dengan aman dan pastikan Anda dapat mengendalikannya dengan satu tangan.

 

Gerakan pivot: Saat Anda ingin mengubah arah atau menjauhi pertahanan lawan, pertahankan kaki pivot di tempatnya dan gunakan kaki yang lain untuk bergerak. Anda dapat melangkah dengan kaki tersebut atau menggesernya. Pastikan untuk menjaga kaki pivot di tanah selama gerakan pivot.

Baca Juga:  Sebutkan dan jelaskan aba aba dalam start jongkok

 

Pertimbangkan pilihan: Selama pivot, pertimbangkan pilihan Anda. Anda dapat melanjutkan dribel, melakukan tembakan, atau mencari rekan satu tim yang terbuka untuk umpan. Pengambilan keputusan cepat sangat penting dalam situasi pivot.

 

Lepaskan bola: Jika Anda memutuskan untuk melanjutkan dribel atau melakukan tembakan, lepaskan bola dari tangan Anda dengan baik. Jika Anda ingin memberi umpan, pastikan Anda memiliki visi yang baik tentang posisi rekan satu tim Anda.

 

Hindari pelanggaran: Saat melakukan pivot, Anda harus berhati-hati untuk tidak mengangkat kaki pivot Anda dari tanah sebelum melepaskan bola. Hal ini akan dianggap sebagai pelanggaran langkah.

 

Pivot adalah teknik yang penting dalam permainan bola basket karena memungkinkan pemain untuk menjaga kontrol bola dan mencari peluang saat berada di bawah tekanan dari pertahanan lawan. Dengan latihan yang tepat, Anda dapat menjadi pemain yang lebih efektif dalam menggunakan pivot dalam permainan bola basket.

Check Also

Gerakan senam lantai berikut dapat dilakukan di atas peti lompat kecuali Radslag, Guling depan

Gerakan senam lantai berikut dapat dilakukan di atas peti lompat kecuali

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi gerakan senam lantai …