Sebagai bentuk pengamalan demokrasi pancasila, hasil keputusan yang telah disepakati bersama, kita harus Melaksanakan hasil keputusan

Sebagai bentuk pengamalan demokrasi pancasila, hasil keputusan yang telah disepakati bersama, kita harus

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu sebagai bentuk pengamalan demokrasi pancasila, hasil keputusan yang telah disepakati bersama, kita harus

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Daftar Isi

Soal

Sebagai bentuk pengamalan demokrasi pancasila, hasil keputusan yang telah disepakati bersama, kita harus

A. Mendalami hasil keputusan

B. Melaksanakan hasil keputusan

C. Memahami hasil keputusan

D. Meyakini semua hasil keputusan

 

Kunci Jawaban

Sebagai bentuk pengamalan demokrasi pancasila, hasil keputusan yang telah disepakati bersama, kita harus Melaksanakan hasil keputusan (jawaban B).

 

Pembahasan

Sebagai bentuk pengamalan demokrasi Pancasila, hasil keputusan yang telah disepakati bersama, kita harus mentaati, melaksanakan dan menghormati keputusan tersebut. Pengamalan demokrasi Pancasila mengandung prinsip-prinsip seperti musyawarah untuk mufakat dan gotong royong, yang menekankan pentingnya berdiskusi, berunding, dan mencapai kesepakatan bersama dalam pengambilan keputusan.

 

Penjelasan:

Mentaati Keputusan Bersama: Ketika sebuah keputusan atau kesepakatan dicapai melalui proses musyawarah dan mufakat, penting bagi seluruh warga negara untuk mematuhi dan mentaati keputusan tersebut. Ini mencerminkan penghargaan terhadap prinsip-prinsip demokrasi dalam Pancasila, yang mendorong partisipasi aktif dan pengambilan keputusan kolektif.

 

Menghormati Keputusan: Selain itu, penghormatan terhadap keputusan bersama adalah esensial dalam demokrasi Pancasila. Ini mencakup sikap menghargai perbedaan pendapat dan memahami bahwa setiap warga negara memiliki hak untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan.

 

Kepatuhan Terhadap Hukum: Kesepakatan yang dicapai bersama dalam demokrasi Pancasila sering kali terkait dengan peraturan hukum dan aturan. Oleh karena itu, mentaati keputusan bersama juga berarti mematuhi hukum dan aturan yang telah ditetapkan.

Baca Juga:  Ketika menggunakan internet, dila tidak pernah menyebarkan berita bohong yang menyesatkan. karena menurutnya itu akan menimbulkan keresahan dalam masyarakat bahkan bisa merugikan pihak lain. dengan bertindak demikian, dila telah menjalankan uu ite nomor 11 tahun 2008, khususnya pasal

 

Pengamalan demokrasi Pancasila tidak hanya melibatkan proses partisipasi dalam pengambilan keputusan, tetapi juga tanggung jawab untuk menghormati, mentaati, dan mematuhi hasil keputusan bersama. Hal ini menciptakan kerangka kerja demokratis yang berlandaskan pada keadilan, kesetaraan, dan partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan dan pengambilan keputusan negara.

Check Also

Contoh kewajiban warga negara dalam bidang pendidikan adalah

Contoh kewajiban warga negara dalam bidang pendidikan adalah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi contoh kewajiban warga …