Contoh sikap positif yang mencerminkan perwujudan nilai demokrasi sesuai dengan UUD 1945 adalah Mengembangkan sikap tenggang rasa

Contoh sikap positif yang mencerminkan perwujudan nilai demokrasi sesuai dengan UUD 1945 adalah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi contoh sikap positif yang mencerminkan perwujudan nilai demokrasi sesuai dengan UUD 1945 adalah

 

Untuk menjawab soal seperti ini, sebaiknya kamu mempelajari materi yang telah diajarkan sebelumnya  supaya lebih memudahkan untuk mengerjakan.

 

Tetapi apabila tetap kesulitan dalam menjawab soal yang ini, tenang saja karena jawaban dan pembahasan yang kami ambil dari berbagai referensi terpercaya akan kami berikan dalam artikel ini.

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Soal

Contoh sikap positif yang mencerminkan perwujudan nilai demokrasi sesuai dengan UUD 1945 adalah

A. Mengembangkan sikap tenggang rasa

B. Tidak memaksakan suatu agama tau kepercayaan terhadap orang lain

C. Tercapainya kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia

D. Keseimbangan Antara kehidupan jasmani dan rohani

 

Kunci Jawaban

Contoh sikap positif yang mencerminkan perwujudan nilai demokrasi sesuai dengan UUD 1945 adalah Mengembangkan sikap tenggang rasa (jawaban A).

 

Pembahasan

Pentingnya nilai-nilai demokrasi dalam suatu masyarakat tidak dapat dipandang enteng. Nilai demokrasi mencakup sikap toleransi, menghargai terhadap perbedaan pendapat, pemahaman terhadap keanekaragaman, dan penghormatan terhadap kebebasan individu.

 

Indikator Nilai Demokrasi

Menurut Andi Rahman Alamsyah, terdapat indikator nilai demokrasi yang dapat dijadikan patokan, antara lain:

  1. Memberikan kebebasan dalam hal yang diinginkan yang masih sesuai dengan norma dan etika yang berlaku

Nilai demokrasi tercermin dalam memberikan kebebasan pada individu untuk melakukan hal-hal yang diinginkan, selama masih sesuai dengan norma dan etika yang berlaku. Kebebasan ini bukan berarti tanpa batas, melainkan harus tetap menghormati norma dan etika yang berlaku dalam masyarakat.

Baca Juga:  Pemungutan suara memilih gubernur termasuk jenis

 

  1. Memberikan Kesempatan untuk Mengemukakan Pendapat:

Demokrasi membangun ruang partisipasi aktif dari setiap individu. Oleh karena itu, memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk mengemukakan pendapatnya adalah bagian integral dari nilai-nilai demokrasi. Ini menciptakan wadah untuk berdialog dan bertukar pikiran tanpa rasa takut.

 

  1. Saling Menghargai Terhadap Sesama:

Kesadaran akan keberagaman dan penghargaan terhadap hak-hak individu adalah landasan kuat dari nilai demokrasi. Saling menghargai sesama, tanpa memandang perbedaan latar belakang, keyakinan, atau pandangan, adalah cerminan dari nilai-nilai demokrasi yang sejati.

 

Dalam konteks ini, tenggang rasa menjadi kunci penting. Tenggang rasa bukan sekadar konsep, melainkan sikap yang tercermin dalam kata-kata, tindakan, dan perilaku sehari-hari. Sikap menghargai dan menghormati orang lain adalah inti dari tenggang rasa.

 

Jika dikaitkan dengan indikator nilai demokrasi di atas, tenggang rasa dengan tepat masuk ke dalam poin ketiga, yaitu saling menghargai sesama. Tenggang rasa menjadi perwujudan nyata dari nilai-nilai demokrasi, di mana setiap individu memperlakukan orang lain dengan penuh rasa hormat dan penghargaan.

 

Dengan demikian, jawaban yang paling tepat dalam penerapan nilai demokrasi adalah mengembangkan sikap tenggang rasa. Sikap ini bukan hanya menegaskan menghargai terhadap perbedaan, tetapi juga mengukuhkan dasar fondasi masyarakat yang demokratis dan inklusif.

Check Also

Contoh kewajiban warga negara dalam bidang pendidikan adalah

Contoh kewajiban warga negara dalam bidang pendidikan adalah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi contoh kewajiban warga …