Sebagai bangsa yang berkepribadian pancasila dalam menyikapi terjadinya arus globalisasi bangsa Indonesia harus bersikap menerima dengan Terbuka Dan Selektif

Sebagai bangsa yang berkepribadian pancasila dalam menyikapi terjadinya arus globalisasi bangsa Indonesia harus bersikap menerima dengan

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi sebagai bangsa yang berkepribadian pancasila dalam menyikapi terjadinya arus globalisasi

 

Untuk menjawab soal seperti ini, sebaiknya kamu mempelajari materi yang telah diajarkan sebelumnya  supaya lebih memudahkan untuk mengerjakan.

 

Tetapi apabila tetap kesulitan dalam menjawab soal yang ini, tenang saja karena jawaban dan pembahasan yang kami ambil dari berbagai referensi terpercaya akan kami berikan dalam artikel ini.

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Soal

Sebagai bangsa yang berkepribadian pancasila dalam menyikapi terjadinya arus globalisasi bangsa Indonesia harus bersikap menerima dengan

A. Ikhlas Dan Lapang Dada

B. Terbuka Dan Selektif

C. Diam Dan Menutup Diri

D. Terbuka Dan Inovatif

 

Kunci Jawaban

Sebagai bangsa yang berkepribadian pancasila dalam menyikapi terjadinya arus globalisasi bangsa Indonesia harus bersikap menerima dengan Terbuka Dan Selektif (Jawaban B).

 

Pembahasan

Menyikapi Arus Globalisasi: Sikap Menerima dalam Kepribadian Pancasila Indonesia

 

Arus globalisasi telah menjadi realitas tak terhindarkan yang memengaruhi setiap aspek kehidupan. Sebagai bangsa yang berkepribadian Pancasila, Indonesia memiliki tanggung jawab besar untuk menyikapi globalisasi dengan sikap menerima. Bagaimana seharusnya bangsa Indonesia memandang arus globalisasi ini dalam konteks nilai-nilai Pancasila?

 

  1. Menerima Keanekaragaman Budaya

Pancasila mengajarkan tentang gotong-royong dan persatuan dalam keberagaman. Dalam menyikapi globalisasi, sikap terbuka terhadap berbagai budaya dari seluruh dunia menjadi kunci. Menerima keanekaragaman ini bukan hanya sebagai bentuk toleransi, tetapi juga sebagai peluang untuk memperkaya kehidupan masyarakat Indonesia.

Baca Juga:  Nasionalisme berasal dari bahasa latin, yaitu nation yang berarti dilahirkan atau sering disebut sebuah bangsa yang dipersatukan akibat kelahiran. Nasionalisme dalam ruang dan waktu dapat memiliki perubahan hakikat karena

 

  1. Menerima Perubahan Teknologi dan Ekonomi

Globalisasi membawa perubahan cepat dalam teknologi dan ekonomi. Sebagai bangsa Pancasila, kita perlu bersikap terbuka terhadap perkembangan ini. Pendidikan yang mendorong inovasi dan adaptasi terhadap perubahan teknologi adalah langkah penting untuk memastikan bahwa kita tidak tertinggal dalam era globalisasi.

 

  1. Menerima Kolaborasi Internasional

Sikap menerima juga mencakup kerjasama internasional. Dalam konteks globalisasi, kolaborasi dengan negara-negara lain dapat menjadi kekuatan besar untuk mencapai tujuan bersama. Diplomasi yang didasarkan pada nilai-nilai Pancasila, seperti keadilan dan perdamaian, dapat membantu Indonesia memainkan peran yang konstruktif di panggung dunia.

 

  1. Menerima Tantangan Lingkungan Hidup

Globalisasi membawa tantangan serius terhadap lingkungan hidup. Melalui sikap menerima, Indonesia dapat menjadi pemimpin dalam menjaga keberlanjutan lingkungan. Kebijakan yang ramah lingkungan dan partisipasi aktif dalam upaya internasional untuk melindungi bumi adalah langkah-langkah konkrit yang dapat diambil.

 

  1. Menerima Perubahan Sosial

Dalam dinamika globalisasi, perubahan sosial seringkali tak terhindarkan. Sikap menerima mencakup kesediaan untuk beradaptasi dengan perubahan ini tanpa mengorbankan nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan sosial yang dianut Pancasila.

 

Dengan bersikap menerima, Indonesia dapat memanfaatkan potensi positif dari arus globalisasi tanpa kehilangan identitas dan jati diri. Menerima bukan berarti menyerah begitu saja, tetapi mengambil sikap bijak dan proaktif dalam menghadapi tantangan dan peluang yang datang bersamaan dengan globalisasi. Dengan demikian, Indonesia dapat menjadi pelaku utama dalam peta dunia yang terus berubah ini, sambil tetap setia pada nilai-nilai luhur Pancasila.

Check Also

Contoh kewajiban warga negara dalam bidang pendidikan adalah

Contoh kewajiban warga negara dalam bidang pendidikan adalah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi contoh kewajiban warga …