Samsung QVO vs EVO SSD: Apa Bedanya?

Belum lama ini, aku berdialog mengenai GDDR5 serta GDDR6. Dengan cara spesial, aku menarangkan perbandingan antara keduanya.

 

Walaupun melaksanakan profesi yang serupa serta pada dasarnya” serupa”, terdapat sebagian perbandingan antara kedua resep itu. Bagi alibi ini, masuk ide kalau drive yang berlainan hendak mempunyai perbandingan ini pula. Bagaimanapun, itu seluruh dalam ingatan pada akhir hari.

 

Ini merupakan akal sehat partisi antara garis QVO serta garis EVO dari Samsung Keras State Drive( SSD). Sebentar, merek harga yang sedikit lebih kecil buat SSD QVO nampak serupa, paling utama mengenang kecekatan catat yang sebanding( apalagi mengenang garis” Membela” SSD yang relatif mahal). Kemudian mengapa terdapat perbandingan harga?

perbedaan samsung qvo dengan evo ssd
image: howthere.org

 

Apa itu memori flash NAND?

Seluruh bentuk SSD Samsung memakai ingatan flash NAND( Bukan Serta) yang tidak gampang menguap, namun bentuk ingatan bermacam- macam dari satu lini produk ke lini produk yang lain.

 

Terdapat sebagian tipe memori NAND itu sendiri.

 

Single-Level cell (SLC): Bentuk NAND ini menawarkan energi kuat paling tinggi dari tipe yang berlainan, namun pula mengarah sangat mahal.

 

Bagian” tunggal” dari kategori membuktikan jumlah bit informasi yang ditaruh di tiap sel ingatan orang. Cocok dengan namanya, ingatan flash SLC menaruh 1 bit informasi per sel ingatan.

 

Multi-level cell (MLC) menaruh 2 bit informasi per sel, sel tri- level( TLC) menaruh 3 bit informasi per sel, serta sel kuartener( QLC) menaruh 4 bit informasi per sel. Dengan cara biasa, terus menjadi sedikit bit informasi yang dialokasikan ke sel ingatan, terus menjadi lama drive.

Baca Juga  Cara Menghubungkan AirPods ke Chromebook

 

Terdapat pula sel NAND 3D yang terdiri dari sebagian chip NAND dalam satu drive, membagikan kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar dalam satu drive. Tetapi, bayaran besar serta mengkonsumsi energi motor ini menjadikannya fitur spesial, yang buatnya serupa sekali tidak sesuai buat pemakaian pelanggan.

 

Samsung EVO vs. QVO

Inilah perbandingan antara lini penciptaan QVO serta lini penciptaan EVO. Lini penciptaan EVO memakai TLC NAND( 3 bit atau sel informasi), memakai rute QVO QLC( 4 bit atau sel informasi), serta memakai lini penciptaan Membela MLC( 2 bit atau sel informasi)…

 

Namun mengenang kalau Membela SSD paling murah bernilai$ 600 di Amazon( semacam pc komplit akhir- akhir ini), tidak kelewatan buat berkata itu di luar capaian pelanggan pada umumnya.

 

Pada catatan ini, drive 2TB QVO SATA bernilai$190 di Amazon, sebaliknya drive 2TB EVO bernilai$230. Perbandingan harga antara 2 lini produk ini memantulkan kehidupan, bila bukan kemampuan.

 

Lifespan

Era gunakan hard disk diukur dalam terabyte( TBW) tercatat. Ini membuktikan berapa banyak terabyte informasi yang bisa ditulis saat sebelum bentuk drive mulai kandas. Selaku rujukan, TBW drive QVO 2TB yang dituturkan di atas merupakan 720, namun TBW drive EVO 2TB merupakan 1200.

 

Perbandingan ini bisa jadi nampak semacam permasalahan besar, namun hendak sedikit berhamburan bila pada umumnya pelanggan betul- betul merasakan perbedaannya. Tidak diragukan lagi perbandingan antara 720TB serta 1200TB amat besar, namun informasi 720TB merupakan jumlah informasi yang amat besar.

 

Cermati pula kalau tidak semacam drive hard disk, bagian boot SSD tidak menyusut dikala melaksanakan kewajiban hanya- baca. Ini berarti kalau apalagi QVOSSD bisa bertahan dekat 10 tahun, melainkan bila Kamu menulis ratusan gigabyte informasi per hari. Apalagi, bila Kamu berkecimpung dalam bidang usaha menulis ratusan gigabyte informasi per hari, Kamu wajib memakai fitur keras yang lebih spesial.

Baca Juga  Distro Linux Terbaik Untuk Pemrograman Dan Pengembangan

 

Performance

Dalam perihal kemampuan, ini merupakan tas yang sedikit lebih lingkungan. Bagus motor QVO ataupun motor EVO memakai sistem penyusunan turbo pintar dari Samsung. TurboWrite membolehkan Kamu buat mensimulasikan kecekatan catat drive bermutu kecil( dalam perihal ini bentuk QVO buat drive QVO), yang dengan cara teknis lebih menang dari bentuk TLC buat drive EVO.

 

Dengan TurboWrite, drive QVO serta EVO mempunyai kecekatan catat 520MB atau dtk serta kecekatan baca 550MB atau dtk, namun cuma hingga titik khusus. Sehabis mengirim dekat 42- 72 GB informasi dengan cara lalu menembus, TurboWrite kehilangan ingatan kegiatan. Maksudnya kemampuan TLC mesin EVO hendak bertambah dengan cara penting.

 

Kapasitas

Tetapi, butuh diketahui kalau drive QVO umumnya mempunyai lebih banyak ruang penyimpanan dari drive EVO. Drive EVO terkecil menawarkan penyimpanan 250GB, sebaliknya drive QVO mulai dari 1TB serta bertahan sampai bentuk 8TB. Kebalikannya, bentuk EVO terbanyak cuma menampung 2TB informasi.

 

Samsung QVO vs EVO: Mana yang Wajib kamu pilih?

Bila Kamu mencari SSD, lini produk QVO serta EVO merupakan opsi terbaik. Bila Kamu berupaya memilah di antara keduanya, pikirkan permasalahan pemakaian terlebih dulu.

 

Bila Kamu cuma berasumsi buat berpindah dari HDD ke SSD buat tujuan main permainan, drive QVO telah lumayan. Amat tidak bisa jadi kalau sistem permainan hendak menulis informasi yang lumayan buat memadamkan SSD, serta apalagi sehabis dekat 3, 5 tahun, sistem 3TB aku( yang mempunyai drive EVO serta QVO) berdimensi dekat TB. Aku terkini saja mulai mendobrak mesin ini.

 

Drive EVO merupakan buat penggemar, mereka yang menghabiskan sedikit duit ekstra, ataupun permasalahan pemakaian eksentrik di mana kehidupan ekstra mereka berarti. Tetapi, ini umumnya terbatas pada persyaratan handal. Dengan cara totalitas, kedua lini produk amat bagus serta Kamu betul- betul butuh memikirkan bila Kamu menginginkan kehidupan ekstra yang diadakan oleh lini EVO.

Baca Juga  Distro Linux Ringan Terbaik Untuk Komputer Lama