Distro Linux Terbaik Untuk Pemrograman Dan Pengembangan

Sistem pembedahan berplatform Linux merupakan yang sangat terkenal serta sempurna buat developer serta pemrogram. Beberapa besar developer bertugas dengan kilat dengan distro Linux yang berlainan serta membuat yang terkini, namun salah satu atensi penting aku selaku mantan developer merupakan” seluruh distro Linux”. Apakah Kamu mau memandang benar? Begitu pula, kala memilah penyaluran Linux buat pemrograman ataupun pengembangan fitur lunak, sebagian kebingungan yang lain merupakan kompatibilitas, daya, kemantapan, serta elastisitas.

 

Penyaluran semacam Ubuntu serta Debian sudah sukses menguatkan diri mereka selaku opsi paling atas dari penyaluran Linux terbaik buat developer. Opsi baik yang lain tercantum openSUSE serta Arch Linux. Pelajari metode memprogram serta membuat cetak biru menarik dengan Raspberry Pi seukuran kartu angsuran Kamu. Amati pula bimbingan tahap untuk tahap dalam memilah penyaluran Linux terbaik.

 

11 Distro Linux Terbaik buat Pemrograman 2022

Selanjutnya merupakan catatan distro Linux terbaik buat developer serta pemrograman

  • Debian GNU/Linux
  • Ubuntu
  • openSUSE
  • Fedora
  • Pop!_OS
  • Arch Linux
  • Solus OS
  • Manjaro Linux
  • Elementary OS
  • Kali Linux
  • Raspbian

 

  1. Debian GNU atau Linux

Debian GNU atau Linux

Tidak butuh memberitahukan Debian GNU atau Linux. Ini merupakan salah satu distro yang sangat berarti, bukan sebab popularitasnya, namun sebab banyak distro lain memercayakan agen normal mereka.

 

Alibi di balik posisi Debian selaku sistem pembedahan yang dibesarkan merupakan banyaknya paket serta sokongan fitur lunak yang dibutuhkan buat developer. Amat dianjurkan buat programmer tingkatan lanjut serta administrator sistem.

 

Bila Kamu konsumen Linux pendatang baru serta mau menekuni gradasi pengkodean bawah, Debian tidaklah sistem pembedahan pemrograman yang sempurna. Buat melaksanakan ini, Kamu butuh menciptakan distro Linux buat pendatang baru semacam Ubuntu 20. 04, Linux Mint, serta Zorin OS.

 

  1. Ubuntu

Ubuntu

Ubuntu merupakan penyaluran Linux sangat terkenal buat pengembangan. Sepanjang bertahun- tahun, berkah komunitas open source, beliau sudah bertumbuh jadi salah satu skrip desktop Linux yang sangat muncul.

 

Ini merupakan penyaluran berplatform Debian yang dipakai di aplikasi cloud serta server. Ini pula dikirimkan dalam bermacam rasa dengan area serta fitur desktop yang berlainan buat penuhi beraneka ragam keinginan orang.

 

Mengawali Ubuntu itu gampang. Berkah paket. deb, aplikasi serta perlengkapan kesukaan Kamu cuma dengan sebagian klik saja. Tidak butuh dibilang lagi, Pusat Fitur Lunak kita mempunyai sebagian aplikasi free yang menjadikannya sistem pembedahan Linux terbaik buat pemrograman. Tipe LTS- nya hendak lalu dibantu sepanjang 5 tahun, membagikan kemantapan tipe yang normal.

 

  1. openSUSE

openSUSE

openSUSE merupakan sistem pembedahan yang amat normal buat pemrograman sebab mempermudah melaksanakan Ubuntu dengan pengembangan handal serta pas durasi. Terdapat 2 tipe distro Linux ini, Leap serta Tumbleweed.

 

openSUSE tumbleweed

openSUSE Leap merupakan tipe LTS yang diperbarui serta kira- kira normal, sebaliknya Tumbleweed merupakan tipe yang diperbarui buat mereka yang menggemari rasa fitur lunak terkini. Bila Kamu mau berupaya sokongan fitur keras terkini, Tumbleweed sesuai buat Kamu.

 

Salah satu khasiat penting openSUSE merupakan manajemen paket YaST, yang mempermudah buat mengotomatisasi bermacam kewajiban. Fitur hebat yang lain dari penyaluran Linux tepercaya buat developer ini merupakan metode fitur lunak dikirimkan. Yang aku gemari dari openSUSE merupakan Kamu bisa membuka gerbang fitur lunak serta menginstal apa juga cuma dengan satu klik. Dasar informasi paket yang besar serta komunitas sokongan merupakan profit lain.

 

  1. Fedora

Fedora

Fedora merupakan cetak biru berplatform komunitas yang menawarkan sistem pembedahan terkini dalam sebagian tipe yang mematok permasalahan pemakaian khusus. Perihal terbaik mengenai Fedora merupakan kalau Fedora merupakan patron penting Red Hat Inc., suatu industri populer di ekosistem Linux.

 

Fedora ada dalam banyak tipe, serta workstation Fedora didesain spesial buat developer. Ini amat normal serta bermuatan beberapa perlengkapan buat mengonfigurasi area pengembangan Kamu. Ini kerap pergi dari kotak di beberapa besar fitur, serta tipe kecil memperkenalkan fitur, keamanan, serta koreksi bug yang serupa sekali terkini.

 

Tidak hanya itu, Fedora cuma muncul dengan bagian open source, yang buatnya sempurna buat penggemar fitur lunak open source. Apalagi Linus Torvalds lebih memilah Fedora dari Debian serta Ubuntu. Tidak hanya itu, Kamu bisa memberikan permasalahan Kamu di forum Fedora serta menginginkan pemecahan lekas datang. Red Hat mensupport Fedora, alhasil Kamu bisa mengharapkannya buat bertugas dengan bagus sepanjang cara pengembangan.

 

  1. Pop!_OS

Pop!_OS

System76, kreator fitur keras Linux yang berplatform di AS, hendak muncul di tahun 2017! Memublikasikan penyaluran Linux spesial bersumber pada Ubuntu yang diucap _OS. Sehabis Ubuntu menyudahi buat mengakhiri area desktop Unity- nya, industri mengutip tahap ini serta mengadopsi area desktop GNOME yang telah bertumbuh cepat. Saat ini mereka sudah menghasilkan area desktop yang diucap COSMIC. Ini merupakan area berplatform GNOME dengan fitur bonus.

 

System76 merupakan pop! Mendatangi _OS. Ini merupakan sistem pembedahan buat developer, produsen, serta handal ilmu pc yang memakai mesin buat membuat keadaan terkini. Sokongan asli buat banyak bahasa serta perlengkapan pemrograman.

 

pop! _OS Administrator jendela keyboard dipakai buat sediakan fungsionalitas istimewa untuk pemrogram serta tingkatkan daya produksi ceruk kegiatan. Manajemen jendela tingkatan lanjut, jalan pintas, serta ruang kegiatan tingkatkan pengalaman konsumen.

 

  1. Arch Linux

Arch Linux merupakan distro Linux yang terkenal buat penggemar loyal Linux yang membutuhkan pengawasan penuh atas sistem pembedahan mereka. Contoh Kamu mengawali dari dini. Dalam perihal ini, Kamu bisa memilah Arch Linux buat membuat sistem pembedahan spesial yang bisa dengan kilat jadi distro Linux yang bagus buat pemrograman serta tujuan pengembangan yang lain.

Arch Linux merupakan distro Linux yang terkenal buat penggemar loyal Linux yang membutuhkan pengawasan penuh atas sistem pembedahan mereka. Contoh Kamu mengawali dari dini. Dalam perihal ini, Kamu bisa memilah Arch Linux buat membuat sistem pembedahan spesial yang bisa dengan kilat jadi distro Linux yang bagus buat pemrograman serta tujuan pengembangan yang lain.

 

Bila Kamu menggemari penyaluran Linux bergulir( terdapat sebagian alterasi luncurkan normal serta bergulir di mari), Kamu tidak butuh mencari lagi. Arch Linux senantiasa mempunyai repositori terkini. Instalasi satu kali telah lumayan, serta tiap kali tipe terkini diluncurkan( sangat dini tiap bulan), Kamu butuh menginovasi paket buat menginstal tipe terkini dari tipe yang serupa.

 

Sekali lagi, senantiasa terdapat komunitas bila Kamu menginginkan dorongan. Dengan cara totalitas, ini merupakan distro yang baik buat pemrograman serta konsumen tingkatan lanjut.

 

  1. Solus OS

Solus OS

Ini ia Solus. Aku menyebutkannya berulang kali di postingan tadinya. Dengan area desktop Budgie serta banyak perlengkapan pemrograman sedia gunakan, bentuknya lebih bersih serta ialah salah satu distro terbaik buat pemrograman.

 

Satu halangan yang bisa jadi Kamu temui dikala memakai Ubuntu merupakan administrator paket” eopkg”. Menguasai eopkg tidaklah ilmu yang mencolok, namun Kamu wajib mengosongkan durasi ekstra buat mempelajarinya.

 

  1. Manjaro Linux

Manjaro Linux

Manjaro jadi opsi banyak orang yang kesusahan memasang Arch. Semacam Ubuntu serta Linux Mint, beliau mempunyai penginstal GUI simpel yang membuat cara penginstalan lebih gampang diatur.

 

Bagi Distrowatch, ini merupakan distro terpopuler kedua serta ia sendiri banyak membahasnya. Mencampurkan seluruh fitur Arch Linux, amat sempurna buat pendatang baru yang mencari Arch Alternate. Tidak hanya itu, Manjaro muncul dalam 3 tipe: GNOME, KDE, serta XFCE, jadi janganlah lewati area desktop kesukaan Kamu.

 

Regu pengembangan Manjaro melaksanakan profesi yang amat bagus dengan tiap luncurkan, yang membuat totalitas pengalaman jadi lebih lingkungan.

 

  1. elementaryOS

elementaryOS

Menunggu, tetapi apa distro Linux terbaik dalam catatan ini? SD merupakan distro Linux yang nampak hebat, namun pula didasarkan pada Ubuntu, salah satu distro Linux terbaik buat pemrograman. Jadi bila Kamu membutuhkan kombinasi yang hebat antara pemrograman serta kehebohan semacam macOS, Kamu tidak butuh mencari lagi, lumayan instal SDOS.

 

SD merupakan salah satu distro Linux awal yang aku coba kala aku mau lolos dari CS. Aku menyukainya serta jenuh dengan perlambatan konsisten Windows pada pc kentang, jadi aku suka terdapat perihal semacam itu.

 

  1. Kali Linux

Kali Linux

Kali Linux terbuat oleh Offensive Security, serta lebih digemari oleh peretas benar buat melaksanakan pengetesan penekanan pada jaringan serta pc yang rentan. Tetapi, ini pula berperan selaku ajudan yang hebat untuk programmer yang mencari penyaluran Linux buat pemrograman serta pengembangan.

 

Sebagian perlengkapan pra- instal dilansir. Tetapi, butuh dipaparkan kalau ini tidak didesain buat mereka yang tidak terbiasa dengan bumi Linux. Tetapi, bila Kamu sudah berupaya Linux serta pemrograman, tidak apa- apa buat memakainya. Kali Linux pula menolong Kamu memperoleh wawasan yang hendak menolong Kamu meningkatkan pekerjaan Kamu.

 

Semacam kata kepala lain dalam catatan ini, Kamu bisa mengunduh serta menginstal tipe terkini ataupun dual boot dari dini.

 

  1. Raspbian/Raspberry Pi OS

Raspbian/Raspberry Pi OS

Supaya aku jelaskan intinya dengan cara langsung. Pai blueberry merupakan pai sangat luar biasa yang sempat aku coba. Kala aku awal kali menunjukkannya pada sahabat non- teknis aku, korban balik mereka amat bernilai. kalian berbual kan? Pc seukuran kartu angsuran ini terkenal di sekolah sebab kerap dipakai buat mengarahkan dasar- dasar pemrograman serta pengkodean Linux.

 

OS Raspbian atau Raspberry Pi sah pada daemon ini bermuatan banyak perlengkapan pemrograman, jarum semat konektor, serta port bermanfaat yang lain. Ini menjadikannya OS Linux yang sempurna buat menekuni pemrograman sistem tertancap.

 

Terdapat BlueJ, Geany, Greenfoot, Mathematica, Python, Node- RED, Scratch serta tools yang lain buat membuat cara berlatih lebih efisien. Amati bila Kamu terpikat dengan susunan postingan bimbingan kita mengenai Raspberry Pi.

 

Kenapa Linux sedemikian itu baik buat programmer serta developer?

Pertama- tama, tidak terdapat yang namanya” penyaluran Linux terbaik buat pemrograman”. Sepanjang Kamu ketahui metode menginstal perlengkapan pengembangan yang dibutuhkan, Kamu bisa membuat isyarat di GNU atau Linux. Tetapi kita pikir Linux amat baik buat programmer. Beberapa besar kerangka kegiatan website, perlengkapan, serta pengedit isyarat, semacam Linux, merupakan open source. Jadi dikala Kamu memakainya bersama- sama, rasanya semacam ekosistem itu sendiri serta berikan Kamu perasaan lembut yang baik.

 

Tetapi kenapa Windows sedemikian itu terkenal sedangkan Linux sedemikian itu baik? Orang umumnya berasumsi kalau, semacam Windows, itu tidak langsung bertugas. Terdapat alibi lain semacam permainan yang dituturkan dalam postingan Permainan Linux ini. Dikala Kamu di mari, yakinkan buat membaca postingan mengenai distro Linux terbaik buat game Kamu.

 

Kamu tidak membutuhkan sertifikat fitur lunak buat memulai- sebagai gantinya, download perlengkapan pangkal terbuka dengan cara free, ganti isyarat sumbernya, serta untuk tipe repositori yang amat dicocokkan buat area pengembangan Kamu. di github.

 

Kamu bisa membiasakan fitur, berupaya pengedit bacaan yang berlainan, serta menginstal area desktop opsi Kamu. Tidak hanya itu, beberapa besar bahasa pemrograman( bila tidak terbatas pada sistem pembedahan khusus) berjalan di Linux. Last but not least, pengalaman Linux amat diperlukan. Mengawali dengan Linux saat ini merupakan metode yang lelet tetapi tentu buat menolong Kamu dalam pekerjaan Kamu.

 

Kesimpulan

Jadi, ini merupakan sebagian distro Linux terbaik buat pemrograman serta pengembangan. Terdapat banyak distro lain, namun kita sudah memasukkan yang terkenal. Penyaluran ini semacam penyusutan kisaran.