Pada tolak peluru peluru tidak dilempar tetapi titik-titik oleh tangan

Pada tolak peluru peluru tidak dilempar tetapi … oleh tangan

Pada tolak peluru peluru tidak dilempar tetapi … oleh tangan

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Pada tolak peluru peluru tidak dilempar tetapi di tolak atau didorong oleh tangan

 

Pembahasan

Tolak peluru dilakukan dengan cara menolak peluru atau mendorong bola logam dengan bobot tertentu sejauh mungkin agar mendapatkan hasil yang sempurna dengan satu tangan.

 

Tolak peluru adalah olahraga dengan menolakkan peluru, alatnya bundar seperti bola yang terbuat dari besi atau kuningan beratnya untuk putri 4 kg, untuk putra 7 1/4 kg.

 

Perlu diketahui, ada dua gaya tolak peluru yang sering digunakan dalam pertandingan resmi. Pertama, gaya membelakangi (O’brien) dan gaya menyamping (ortodoks).

 

Teknik Memegang Peluru

Cara memegang peluru pada olahraga tolak peluru tidak boleh sembarangan. Ada beberapa teknik khusus yang perlu dipelajari.

 

Memegang peluru dilakukan oleh jari-jari tangan di telapak tangan bagian dalam. Berikut ini penjelasan singkat tentang tahapan melakukan pegangan peluru:

  1. Letakkan peluru di telapak tangan bagian atas saat tangan dalam posisi menengadah atau bisa juga di bagian ujung telapak tangan yang terdekat dari jari-jari tangan.
  2. Renggangkan genggaman jari tangan pada bagian jari tengah, manis, dan jari telunjuk agar dapat menahan dan memegang bagian belakang peluru.
  3. Posisikan ibu jari dan jari kelingking sebagai pemegang atau penahan peluru di bagian samping. Posisi ini bertujuan agar peluru tidak tergelincir ke arah luar atau ke dalam.

 

Teknik Meletakkan Peluru

Dalam teknik olahraga tolak peluru, terdapat teknik khusus dalam meletakan peluru secara tepat. Berikut ini tahapan teknik meletakkan peluru yang tepat dan benar:

Baca Juga:  Cara pembelaan dengan mengadakan kontak langsung dengan lawan dalam pencak silat dinamakan

 

  1. Berdiri dengan posisi kaki kanan berada di bagian depan batas belakang lingkaran, sementara kaki kiri berada di sisi sebelah kiri dengan lebar sepanjang lebar tubuh dan satu garis lurus dengan arah lemparan.
  2. Pegang peluru menggunakan tangan kanan dengan pegangan yang tepat.
  3. Dalam meletakkan peluru dapat ditata dengan baik oleh tangan yang memegang peluru.
  4. Tempatkan peluru di antara batas leher dengan pundak atau di bagian bawah telinga. Saat membuka, rentangkan lengan segaris dengan bahu.
  5. Tekuk sedikit lengan kiri di bagian muka dada.
  6. Rilekskan kaki kiri dan posisikan menapak di bagian ujung kaki.

 

Teknik Menolak Peluru

Setelah awalan, teknik selanjutnya dalam tolak peluru adalah teknik menolakkan peluru. Tahapan dalam melakukan teknik tolakan peluru agar dapat berhasil sempurna, sebagai berikut:

  1. Siku ditarik serong ke belakang bersamaan dengan perputaran tubuh ke arah tolakan.
  2. Setelah itu dorong pinggang dan pinggul sedikit ke arah depan dengan dada terbuka mengarah ke tolakan atau serong ke atas.
  3. Pandangan menuju ke arah tolakan dengan dagu terangkat.
  4. Saat dada atau seluruh badan mengarah tolakan, peluru dapat sesegera mungkin ditolakkan sekuat tenaga ke arah depan atas atau arah tolakan.
  5. Di saat yang sama, dapat dilakukkan tolakan kaki kanan dan seluruh tubuh dilonjakkan ke atas menyerong ke depan.

 

Sumber: Gurupenjaskes, Pakdosen

Check Also

Gerakan senam lantai berikut dapat dilakukan di atas peti lompat kecuali Radslag, Guling depan

Gerakan senam lantai berikut dapat dilakukan di atas peti lompat kecuali

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi gerakan senam lantai …