Apabila dalam cabang olahraga tolak peluru pada saat melakukan tolakan jatuhnya peluru di luar sektor tolakan, maka tolakannya dinyatakan

Apabila dalam cabang olahraga tolak peluru pada saat melakukan tolakan jatuhnya peluru di luar sektor tolakan, maka tolakannya dinyatakan

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi apabila dalam cabang olahraga tolak peluru pada saat melakukan tolakan jatuhnya peluru di luar sektor tolakan, maka tolakannya dinyatakan

 

Untuk menjawab soal seperti ini, sebaiknya kamu mempelajari materi yang telah diajarkan sebelumnya  supaya lebih memudahkan untuk mengerjakan.

 

Tetapi apabila tetap kesulitan dalam menjawab soal yang ini, tenang saja karena jawaban dan pembahasan yang kami ambil dari berbagai referensi terpercaya akan kami berikan dalam artikel ini.

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Apabila dalam cabang olahraga tolak peluru pada saat melakukan tolakan jatuhnya peluru di luar sektor tolakan, maka tolakannya dinyatakan

A. Diulangi

B. Tidak sah

C. Dibatalkan

D. Peserta dikeluarkan

E. Peserta mendapat teguran

 

Kunci Jawaban

apabila dalam cabang olahraga tolak peluru pada saat melakukan tolakan jatuhnya peluru di luar sektor tolakan, maka tolakannya dinyatakan Tidak sah (jawaban B)

 

Pembahasan

Peraturan Dasar Tolak Peluru

Cabang olahraga tolak peluru memiliki aturan dasar yang umumnya sering menimbulkan kebingungan. Misalnya, kapan atlet seharusnya melempar peluru atau bagian mana dari area lingkaran tolak peluru yang tidak boleh disentuh oleh kaki. Berikut adalah beberapa aturan dasar dari tolak peluru.

Baca Juga:  Dalam gerakan lay-up kanan, langkah kaki yang benar saat bola sudah di pegang dengan kedua tangan adalah

 

  1. Atlet Dapat Masuk ke Lingkaran dari Semua Arah

Atlet diperbolehkan memasuki lingkaran tolak peluru dari berbagai arah, termasuk melangkahi stop board yang terletak di depan lingkaran. Namun, setelah menyelesaikan aksinya, atlet wajib keluar dari bagian belakang lingkaran.

 

  1. Peluru Harus Ditempatkan Dekat dengan Leher atau Dagu

Aturan World Athletics menyatakan bahwa, “Pada saat atlet mengambil sikap di dalam lingkaran untuk memulai, peluru harus ditempatkan dekat leher atau dagu, dan tangan tidak boleh jatuh ke bawah selama posisi ini. Selanjutnya, lemparan tidak boleh dilakukan di belakang garis bahu.”

 

  1. Tolakan Peluru Harus Dimulai dan Diselesaikan di Dalam Lingkaran

Proses tolak peluru harus dimulai dan diselesaikan di dalam lingkaran. Atlet harus memulai aksinya dari posisi diam di dalam lingkaran, yaitu setelah memasuki lingkaran dan sebelum memulai tolakan, atlet harus berdiri dengan kedua kaki menyentuh permukaan lingkaran.

 

Selanjutnya, selama melakukan aksi, atlet tidak boleh menyentuh tanah di luar lingkaran. Setelah menyelesaikan tolak peluru, sentuhan pertama atlet dengan tanah di luar lingkaran harus berada di luar setengah bagian belakang lingkaran.

 

  1. Atlet Tidak Boleh Menyentuh Bagian Atas Stop Board

Lingkaran tolak peluru dilengkapi dengan bagian bernama stop board atau toe board di bagian depan. Bagian atas stop board dianggap berada di luar lingkaran. Menyentuh bagian atasnya selama melakukan aksi tolak peluru dapat dianggap sebagai pelanggaran.

 

  1. Peluru Harus Mendarat Sepenuhnya di Dalam Sektor

Pendaratan peluru di luar garis sektor dianggap pelanggaran. Jika peluru mendarat di garis sektor, dianggap “keluar” dan tidak dapat diukur. Ini berbeda dengan cabang olahraga lain di mana bola yang mendarat di garis dianggap “masuk.”

Baca Juga:  Tembakan yang dilakukan dengan jarak dekat dengan teknik 2 langkah dan menghantarkkan bola ke dalam ring dinamakan

 

Pendaratan peluru ditentukan oleh lokasi tempat peluru pertama kali menyentuh tanah. Jika peluru mendarat sepenuhnya di dalam sektor tetapi kemudian berguling keluar, hasil peluru masih dapat dihitung. Jarak yang diukur untuk hasil akhir tolak peluru adalah dari area lingkaran tempat peserta melakukan lemparan hingga tempat pendaratan peluru.

 

  1. Wajib Menunggu Peluru Mendarat Sempurna

Atlet dilarang meninggalkan area lingkaran sebelum peluru sepenuhnya mendarat di tanah. Peserta hanya diizinkan meninggalkan lingkaran setelah peluru dianggap jatuh dengan tepat di area yang ditentukan.

Check Also

Gerakan senam lantai berikut dapat dilakukan di atas peti lompat kecuali Radslag, Guling depan

Gerakan senam lantai berikut dapat dilakukan di atas peti lompat kecuali

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi gerakan senam lantai …