Gerakan terakhir dalam lompat jauh adalah

Gerakan terakhir dalam lompat jauh adalah

Kunci jawaban soal gerakan terakhir dalam lompat jauh adalah

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Kunci Jawaban

Gerakan terakhir dalam lompat jauh adalah mendarat

 

Pembahasan

Pengertian Lompat Jauh

Lompat jauh adalah kegiatan melompat ke depan dan menjauh ke arah depan dengan menolakkan satu kaki di tempat yang telah ditentukan.

 

Gerakan dalam lompat jauh membutuhkan kecepatan dan kekuatan. Sedangkan hasil lompatan dihitung berdasarkan jarak pendaratan terjauh di pasir pendaratan. Lompatan dengan jarak terjauh akan menjadi pemenangnya.

 

Urutan Lompat Jauh

  1. Awalan disebut juga dengan run up.

Awalan merupakan salah satu gerakan penting yang menentukan jarak lompatan. Pelompat memiliki kesempatan untuk membangun kecepatan dan momentum maksimum dengan berlari. Jarak awal lompat jauh adalah 30-45 meter.

 

  1. Tolakan

Tolakan atau lepas landas dilakukan sebelum aksi lompat. Tujuannya adalah untuk menciptakan dorongan vertikal melalui titik keseimbangan tubuh. Dorong dilakukan pada papan khusus sepanjang sekitar 20 cm yang berada di ujung lintasan start.

 

Metode tolakan dalam lompat jauh adalah dengan meletakkan satu kaki penyangga di titik awal untuk menopang berat badan sebelum melompat.

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam gerakan support adalah:

  • Saat disangga, posisi badan tidak terlalu miring ke depan dan tidak terlalu lurus
  • Berat badan sedikit di depan titik tumpu
  • mata memandang ke depan.

 

  1. Melayang

Melayang di udara juga dikenal sebagai posisi terbang di udara. Ada tiga gaya atau pose yang bisa digunakan seorang pelompat untuk memandu tubuhnya menuju titik pendaratan saat berada di udara.

Baca Juga  Gerakan tangan yang benar saat melakukan passing atas bola voli adalah

 

Tiga gaya dalam melayang di udara adalah gaya berjalan, gaya tuck, dan gaya gantung.

 

  1. Mendarat

Mendarat atau landing merupakan urutan terakhir dalam gerakan lompat jauh. Saat mendarat, bagian tubuh yang pertama kali menyentuh tanah adalah kedua tumit kaki.

 

Selama proses pendaratan, penekanan ditempatkan pada tumit diikuti dengan mengencangkan paha depan dan mengangkat pinggul. Saat mendarat lompat jauh, jaga agar kaki tetap lurus dan tubuh condong ke depan.

 

Ini untuk menjaga keseimbangan saat melakukan gerakan ke bawah.