Pelaksanaan kaki pada tahap tolakan lompat jongkok yaitu melakukan tolakan dengan kedua kaki dalam posisi rapat

Pelaksanaan kaki pada tahap tolakan lompat jongkok yaitu

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi pelaksanaan kaki pada tahap tolakan lompat jongkok yaitu

 

Untuk menjawab soal seperti ini, sebaiknya kamu mempelajari materi yang telah diajarkan sebelumnya  supaya lebih memudahkan untuk mengerjakan.

 

Tetapi apabila tetap kesulitan dalam menjawab soal yang ini, tenang saja karena jawaban dan pembahasan yang kami ambil dari berbagai referensi terpercaya akan kami berikan dalam artikel ini.

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Soal

Pelaksanaan kaki pada tahap tolakan lompat jongkok yaitu

 

Kunci Jawaban

Pelaksanaan kaki pada tahap tolakan lompat jongkok yaitu melakukan tolakan dengan kedua kaki dalam posisi rapat.

 

Pembahasan

Teknik Lompat Jongkok dalam Senam Lantai

Lompat jongkok atau lebih dikenal dengan squat vault, merupakan salah satu gerakan dasar yang memukau dalam senam lantai dengan alat. Untuk dapat melakukan lompat jongkok dengan sempurna, terdapat tahapan-tahapan khusus yang harus diikuti. Jadi, apa saja tahapan yang perlu diperhatikan dalam lompat jongkok? Berikut adalah empat tahapan yang dapat memperindah lompat jongkok dalam senam lantai.

 

  1. Awalan

Proses awalan pada lompat jongkok dimulai dengan berlari secepat mungkin sambil membungkukkan badan ke depan. Pandangan fokus diarahkan ke depan, sementara tangan melakukan ayunan yang sejalan dengan langkah berlari. Setelah melakukan awalan dengan baik, tangan ditarik lurus ke depan untuk mempersiapkan tolakan kaki menuju peti lompat.

 

  1. Tolakan

Tahap tolakan ini membutuhkan dorongan kuat dari kedua kaki ke arah atas dan depan. Posisi kaki sebaiknya rapat ketika melakukan tolakan, memberikan stabilitas yang diperlukan.

Baca Juga:  Jelaskan perbedaan pukulan lambung dan pukulan smash

 

  1. Melompat

Saat tubuh mulai melompat atau terangkat, kaki dipijakkan dengan mantap di atas kotak atau peti. Posisi lutut ditekuk dan ditempelkan pada dada, menciptakan tampilan yang begitu anggun. Posisi tubuh saat lompat jongkok di atas peti adalah seperti posisi jongkok, di mana lutut mendekat pada dada. Tangan tetap memegang kotak atau peti sebagai pijakan yang kuat.

 

  1. Pendaratan

Pendaratan setelah melewati peti lompat dilakukan dengan ujung kaki serta kedua lengan yang terentang ke atas. Dalam proses pendaratan, kedua kaki turun bersamaan, dan lutut tetap ditekuk untuk memberikan kestabilan yang optimal.

 

Dengan mengikuti empat tahapan tersebut, lompat jongkok dalam senam lantai menjadi sebuah karya seni yang memukau. Keindahan gerakan ini terletak pada keluwesan dan keterampilan yang menggambarkan keanggunan setiap langkahnya.

Check Also

Gerakan senam lantai berikut dapat dilakukan di atas peti lompat kecuali Radslag, Guling depan

Gerakan senam lantai berikut dapat dilakukan di atas peti lompat kecuali

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi gerakan senam lantai …