Jelaskan cara melakukan teknik melayang lompat jauh gaya jongkok

Jelaskan cara melakukan teknik melayang lompat jauh gaya jongkok

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi jelaskan cara melakukan teknik melayang lompat jauh gaya jongkok

 

Untuk menjawab soal seperti ini, sebaiknya kamu mempelajari materi yang telah diajarkan sebelumnya  supaya lebih memudahkan untuk mengerjakan.

 

Tetapi apabila tetap kesulitan dalam menjawab soal yang ini, tenang saja karena jawaban dan pembahasan yang kami ambil dari berbagai referensi terpercaya akan kami berikan dalam artikel ini.

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Soal

Jelaskan cara melakukan teknik melayang lompat jauh gaya jongkok

 

Kunci Jawaban

Pada lompat jauh gaya jongkok, gerakan melayang di udara dilakukan dengan posisi badan condong kedepan dengan kedua kaki di ayunkan kedepan dan ditekuk. Kedua tangan terletak di depan di samping kepala, dan saat akan mendarat, kedua kaki lurus ke depan merapat, kedua tangan lurus ke depan, sementara berat badan cenderung condong ke depan.

 

Pembahasan

Pengertian Lompat Jauh Gaya Jongkok

Lompat jauh gaya jongkok adalah gerakan yang dilakukan saat kaki kiri atau kaki tolak meninggalkan tanah, tepat dari papan tolakan. Pada tahap ini, tubuh atlet mengambil posisi udara seperti duduk, dengan membungkuk ke depan dan kedua lutut ditekuk, sementara kedua lengan diayunkan ke depan. Saat akan mendarat, kedua kaki diluruskan ke depan secara maksimal, sementara badan membungkuk ke depan dengan fokus perhatian pada tempat mendarat.

Baca Juga:  Bentuk gerakan lengan saat melakukan lay-up shoot bola basket adalah

 

Teknik lompat jauh gaya jongkok memerlukan koordinasi yang presisi antara gerakan tubuh dan momen tolakan. Dengan mengutamakan posisi badan yang benar saat berada di udara, atlet dapat mencapai jarak lompatan yang optimal. Pada fase mendarat, perhatian penuh terhadap teknik pendaratan menjadi kunci untuk mencegah cedera dan memaksimalkan hasil yang dicapai.

 

Teknik Lompat Jauh Gaya Jongkok

  1. Awalan

Awalan dalam lompat jauh dimulai dengan berlari dengan kecepatan penuh, dimulai dari garis start hingga mencapai papan tolakan. Kecepatan horizontal yang dihasilkan pada tahap awalan menjadi kunci utama untuk mendukung lompatan jauh selanjutnya.

 

  1. Tolakan

Pada tahap tolakan, atlet menggunakan salah satu kaki terkuatnya. Teknik tolakan mengubah momentum kecepatan horizontal menjadi kecepatan vertikal dengan penuh tenaga. Pemilihan kaki yang tepat dan eksekusi teknik tolakan yang baik menjadi kunci kesuksesan pada tahap ini.

 

  1. Gerakan Melayang di Udara

Sikap tubuh saat melayang dalam lompat jauh gaya jongkok memerlukan presisi dan kelenturan. Posisi tubuh ini terjadi ketika atlet berada di udara, di mana kedua lutut ditekuk, kedua tangan terletak di depan di samping kepala, dan saat akan mendarat, kedua kaki lurus ke depan merapat, kedua tangan lurus ke depan, sementara berat badan cenderung condong ke depan. Dalam dunia lompat jauh, gaya jongkok dianggap sebagai gaya yang lebih sederhana dibandingkan dengan gaya lenting dan gaya berjalan di udara.

 

Menurut Djumidar A. Widya (2004: 12,42), tahap melayang di udara terjadi ketika tubuh berada di udara. Oleh karena itu, atlet perlu mempertahankan waktu melayang sepanjang mungkin dengan melakukan gerakan kaki atau lengan yang tepat untuk mencapai sikap pendaratan yang paling efektif.

Baca Juga:  Tolak peluru pertama kali dilakukan pada abad ke

 

Selanjutnya, menurut Sri Wahyuni dkk, (2009: 41), gerakan tubuh di udara, atau yang sering disebut sebagai waktu melayang, menjadi elemen penting yang membentuk gaya lompat dalam lompat jauh.

 

  1. Pendaratan

Pendaratan dilakukan dengan kedua kaki secara bersamaan. Saat mendarat, atlet harus mengarahkan badan ke depan untuk mencegah jatuh ke belakang dan mengoptimalkan jarak lompatan. Teknik dorongan badan ke depan menjadi kunci agar pendaratan berjalan dengan baik, mengukuhkan hasil dari seluruh rangkaian gerakan sebelumnya.

 

Dengan memahami secara mendalam setiap tahapan dalam lompat jauh gaya jongkok, atlet dapat mengasah keterampilan dan tekniknya untuk mencapai performa terbaik dalam cabang olahraga yang memadukan kecepatan, kekuatan, dan keseimbangan ini.

Check Also

Gerakan senam lantai berikut dapat dilakukan di atas peti lompat kecuali Radslag, Guling depan

Gerakan senam lantai berikut dapat dilakukan di atas peti lompat kecuali

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi gerakan senam lantai …